Tips Membuat Lulur Sendiri Dirumah

Luluran adalah metode kecantikan untuk merawat tubuh kita. Dengan luluran, maka sel sel kulit mati akan terangkat, sehingga kulit akan terlihat mulus dan sehat. Banyak sekali produk lulur di pasaran. Namun tentu akan lebih baik bila kita menggunakan lulur yang terbuat dari bahan alami. Dan nggak ada salahnya, membuat ramuan tersebut sendiri. Selain bebas dari kandungan kimia berbahaya, akan lebih memudahkan kulit untuk menyerap kandungan positif didalamnya.

Berikut ini merupakan bahan bahan yang biasa digunakan untuk membuat lulur:

1. Kunyit

Siapa yang tidak kenal kunyit? Kunyit adalah sejenis akar yang biasanya digunakan untuk bumbu masak. Kunyit punya fungsi baik untuk kulit kita. Tidak hanya sebagai antioksidan, ternyata kunyit juga berfungsi sebagai antiseptik, antibakteri, antijamur dan antialergi. Jadi, bila kamu rutin menggunakan kunyit sebagai ramuan kecantikan, maka kamu akan terbebas dari penyakit kulit. Dan satu hal lagi yang harus diingat, kunyit juga bisa menstimuli peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar lho^^

2. Kencur

Untuk menghaluskan kulit, merawat jaringan kulit yang teriritasi, sebagai antiseptik, menyingkirkan bau badan, dan membantu menghilangkan rasa lelah.

3. Kopi

Sebagai pembuang racun (detoks). Menghilangkan bekas luka/gigitan nyamuk, melancarkan peredaran darah, memperbaiki metabolisme kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan kuat.

4. Teh hijau

Sebagai antioksidan.

5. Cokelat

Sebagai zat antipenuaan dini karena cokelat mengandung antioksidan yang mampu melawan sel-sel rusak.

6. Susu

Memutihkan, melembutkan, meremajakan, dan mempercepat regenerasi jaringan kulit.

Berikut ini ada 2 resep membuat lulur alami dengan bahan bahan yang mudah kita dapatkan.

  • Resep 1:

1. Campurkan tepung beras, kunyit, kencur, minyak esensial. Tumbuk atau blender hingga tercampur rata menyerupai pasta.

2. Teh hijau dan rempah-rempah lain bisa digunakan dengan cara dicampur tepung beras seperti langkah di atas.

3. Kopi bisa digunakan dengan dicampur adas.

4. Susu bisa digunakan begitu saja, atau untuk mandi susu.

  • Resep 2:

Bahan: daun kemuning satu mangkuk, rimpang temugirin satu mangkuk, rimpang kunyit satu mangkuk, bunga kenanga satu mangkuk, tepung beras tumbuk kasar satu mangkuk, kulit jeruk purut (jeruk yang kulitnya keriput) dua buah, kulitnya diparut

Cara pembuatan: semua bahan diiris tipis dikeringkan sampai benar benar kering, kemudian di tumbuk halus dan dicampur jadi satu. Ambil secukupnya, tambahkan sedikit air bisa juga susu sapi segar, dan gunakan sebagai lulur seperti biasa.

Semoga bermanfaat.

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *