Solusi Bunda Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Nafsu makan seseorang dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin. Hormon ghrelin akan meningkatkan nafsu makan, sedangkan hormon leptin yang berfungsi menurunkan nafsu makan. Hormon ghrelin akan dilepaskan di perut, yang kemudian memberi sinyal lapar pada otak.

Orang tua dapat memperkirakan asupan kalori anak agar tidak kurang dari kebutuhannya. Kebutuhan kalori anak per hari berbeda sesuai usia. Anak usia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000-1.400 kalori,

Ada beberapa alasan anak ataupun orang dewasa kurang nafsu makan, seperti merasa stres, tegang, efek samping obat, ataupun rasa, dan tampilan makanan yang tidak menarik. Jika memang anak tampak mogok makan,

Beberapa hal berikut dapat dilakukan sebagai cara menambah nafsu makan anak, antara lain:

1. Hindari tindakan memaksa

Tindakan orang tua yang memaksa anaknya makan karena khawatir, justru dapat memancing ketegangan pada waktu makan. Hal ini dapat membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.

2. Buat tampilan makanan yang menarik

Sajian yang berwarna-warni akan menarik mata, sehingga diharapkan dapat membuat waktu makan menyenangkan. Coba mengombinasikan berbagai sayur dengan warna berbeda, ketika disajikan bersama pasta atau sumber karbohidrat lain. Hal ini juga sangat mendukung variasi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

3. Goda dengan aroma makanan

Untuk menarik nafsu makan juga bisa melalui bau makanan yang menyenangkan dan menggoda. Bisa dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum menyajikan, agar hidung memiliki waktu untuk memicu selera makan.

4. Bagi dalam porsi kecil

Satu piring penuh dengan makanan, bisa jadi menurunkan nafsu makan. Siasati dengan membagi nutrisi dari satu piring itu menjadi porsi kecil yang disajikan beberapa kali. Selain itu, porsi kecil juga akan lebih mudah disiapkan.

5. Biasakan makan perlahan

Mengunyah makanan perlahan akan memberi waktu pada anak untuk mengukur rasa lapar. Tanya anak apakah dia sudah kenyang, sebelum memberinya makanan tambahan.

6. Batasi minuman saat makan

Untuk menjaga nafsu makan dan mencegah rasa kenyang, sebaiknya hindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, kopi, teh, atau jenis minuman lain, disarankan dinikmati setelah makan selesai.

7. Libatkan anak saat menyiapkan makanan

Ajak anak-anak berbelanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan. Orang tua akan memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan yang disukai anak, sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik, dan anak bisa memperoleh pengalaman lebih, serta lebih bersemangat dalam makan.

8. Berikan moment kids untuk nutrisi tambahan

Moment Kids terbuat dari bahan alamiah seperti sayur dan buah buahan, sehingga dapat membantu kecukupan dari si buah hati. Tentunya akan disukai oleh anak anak karena rasanya yang enak seperti permen dan juga bentuk vitaminnya yang lucu lucu. Sehingga membuat anak menjadi nafsu makan sera nutrisi tubuhnya terpenuhi.

BERIKUT TESTIMONI

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *