Simak Penyebab Kantung Mata Selain Kurang Tidur

Tampil cantik bagi seorang pria atau wanita memang membutuhkan usaha, termasuk menjaga kesehatan kulit dan wajah. Berbagai masalah juga kerap terjadi pada wajah seperti halnya kantung mata atau lingkaran gelap yang muncul disekitar area mata. Tidak hanya mengganggu penampilan, kantung mata juga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang dan membuatnya nampak lebih tua.

Faktor Pemicu Kantung Mata

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kantung mata disebabkan oleh edema dan jaringan lemak yang turun, kedua hal tersebut tidak terjadi begitu saja melainkan dipicu oleh beberapa faktor diantaranya adalah:

1. Kurang Tidur

Kurang tidur tidak hanya menyebabkan edema disekitar mata tetapi juga menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata melebar dan menimbulkan noda gelap dibawah kulit. Masalah tidur seperti insomnia dan tidur terlalu larut dapat menyebabkan lingkaran mata semakin parah dan sulit dihilangkan.

2. Pola Makan

Hati-hati, mengkonsumsi makanan tertentu juga bisa menyebabkan kantung mata terlihat semakin jelas. Makanan yang telah terbukti menyebabkan kantung mata pada wajah adalah makanan dengan kadar garam atau sodium yang terlalu tinggi. Kandungan garam yang terlalu tinggi dalam makanan dapat membuat kulit lebih kering dan memicu timbulnya edema.

Untuk menghindari munculnya kantung mata, konsumsi makanan sehat dan seimbang sangat diperlukan khususnya konsumsi 8 hingga 10 gelas air dalam sehari. Ingat, tidak ada makanan khusus yang bisa menghilangkan kantung mata, namun konsumsi makanan bergizi dan kaya vitamin, mineral dan protein serta cairan dapat membantu mengatasi masalah ini.

3. Alkohol Dan Rokok

Alkohol juga memicu retensi cairan atau edema dibawah mata dan hal inlilah yang akan membuat kulit disekitar mata tampak kering dan cekung. Sama halnya dengan alkohol, rokok juga memiliki dampak yang memperburuk kondisi kantung mata pada wajah.

4. Reaksi Alergi

Reaksi alergi juga salah satu pemicu timbulnya mata bengkak dan kantung disekitar mata. Saat seseorang mengalami reaksi alergi yang dipicu oleh zat allergen, pembuluh darah kapiler dibawah kulit mata akan ikut membengkak diikuti dengan penimbunan cairan atau edema sebagai bagian dari reaksi peradangan tersebut.

5. Pertambahan Usia

Bukan rahasia lagi jika semakin tua seseorang maka kantung mata yang nampak pada wajahnya akan semakin parah dan terlihat jelas. Dengan bertambahnya usia, jaringan kulit dibawah mata akan kehilangan volumenya dan lemak yang ada dalam pipi akan menyusut sehingga lekukan diantara mata dan bagian pipi akan semakin nampak.

6. Kelainan Dalam Tubuh

Meski kantung mata bukanlah suatu masalah kesehatan yang berbahaya, ternyata timbulnya kantung mata tersebut bisa menjadi salah satu gejala adanya kelainan dalam tubuh misalnya nefritis syndrome atau infeksi pada ginjal dan dermatitis. Jika kantung mata tidak kunjung menghilang setelah perawatan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter dan memeriksa apakah kondisi tubuh baik-baik saja.

7. Menangis

Kulit disekitar mata adalah bagian kulit yang paling sensitif dan lebih tipis dibandingkan kulit di area tubuh lainnya. Terlalu banyak menangis menyebabkan mata terlihat bengkak dan dapat memicu timbulnya kantung mata. Hal ini disebabkan karena aktifitas kelenjar air mata dibawah kulit yang berlebihan akan memicu peradangan dan pembengkakan disekitar area mata.

🔥19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *