Pola Makan Sehat Untuk Anak Sesuai Dengan Usia

Pola Makan Sehat Untuk Anak Sesuai Dengan Usia

Usia 0 – 6 bulan

Pola makan sehat untuk bayi usia 0-6 bulan idelanya diberi ASI secara ekslusif. Pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhannya. Pada usia ini bayi belum membutuhkan asupan makanan selain ASI karena sistem pencernaannya masih belum berfungsi dengan sempurna. Selain itu, pemberian ASI akan secara ekslusif akan meningkatkan daya tahan tubuh bayi .

Usia 6 bulan – 1 tahun

Pada usia setelah 6 bulan, Anda sudah bisa untuk mulai mengenalkan makanan pendamping ASI kepada bayi. Pola makan untuk anak pada usia ini bisa Anda sesuaikan dengan tingkatan usianya dan respon bayi terhadap makanan pendamping ASI tersebut. Pengenalan makanan pendamping ASI bisa dimulai dengan pemberian makanan yang bertekstur lembut dan mudah untuk di telan oleh bayi seperti bubur. Tekstur dan kekentalan makanan bisa ditingkatkan sesuai tingkatan usia bayi. Berikan pola makan yang teratur dan mengandung gizi dan tanpa menghentikan pemberian ASI.

Anak usia 1 – 3 tahun

Anak usia 1-3 tahun sudah mulai aktif bergerak sehingga anak akan memiliki nafsu makan yang tidak menentu, kadang mau makan dan kadang menolak makanan. Supaya pola makan anak teratur, maka ciptakan suasana menyenangkan yang membuat anak mau makan. Anda dapat menghidangkan makanan dengan sedikit sentuhan kreativitas Anda supaya menarik dan anak mau makan. Selain itu, Anda tidak boleh melupakan kebutuhan gizi yang diperlukan untuk anak. Berikan anak makan dengan porsi kecil tapi sering dan beragam sehingga kebutuhan gizinya akan terpenuhi dan pola makannya tetap sehat dan teratur.

Anak usia 4 – 6 tahun

Anak-anak pada usia 4-6 tahun cenderung susah untuk makan dan lebih suka bermain. Supaya kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi maka Anda harus memberikan makanan yang beragam dan menarik agar anak mau makan. Ketika anak Anda hanya makan sedikit maka solusinya adalah dengan memberikan makan dalam jumlah yang sering sehingga kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi.

Anak usia 7 – 12 tahun

Pada usia ini anak-anak cenderung sudah mengenal makanan dan jajanan di lingkungan sekolah maupun lingkungan bermainnya sehingga mereka akan lebih suka jajan daripada makan makanan yang Anda sediakan. Dalam hal ini Anda bisa memberikan penjelasan pada anak tentang pentingnya mengkonsumsi makanan yang benar dan sehat. Selain itu, berikan pengertian supaya anak tidak jajan sembarangan.

Pola makan sehat untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga supaya pertumbuhan dan perkembangan mereka tidak mengalami gangguan. Anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat rentan terkena serangan penyakit apabila kebutuhan zat gizi atau nutrisi mereka tidak terpenuhi.

🔥3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *