Penyebab Produksi Kolagen Menurun Dan Rusak

Kolagen berfungsi menjaga kulit tetap lembap dan elastis. Namun seiring berjalannya waktu, kulit akan kehilangan elastisitas dan kekencangannya karena produksi kolagen berkurang.

Penurunan produksi kolagen membuat kulit kehilangan elastisitas. Hasilnya, kulit mengendur serta timbul garis-garis halus dan keriput. Hal ini normal dan akan terjadi pada semua orang ketika mengalami penuaan. Selain usia, ada hal lain yang bisa membuat produksi kolagen menurun atau rusak sebelum waktunya.

Berikut hal yang dapat mengurangi produksi kolagen dalam tubuh:

Seiring pertambahan usia, produksi kolagen akan menurun. Penurunan ini membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Hasilnya, kulit mengendur serta timbul garis-garis halus dan keriput pada kulit. Penurunan produksi kolagen yang disebabkan oleh usia merupakan hal normal dan akan terjadi pada semua orang.

Namun, ada hal yang bisa membuat produksi kolagen menurun atau rusak sebelum waktunya, agar penurunan produksi kolagen tidak terjadi terlalu cepat, yang harus Anda lakukan adalah menghindari hal-hal berikut ini.

Banyak makan makanan yang bernutrisi saja tidak cukup, Anda juga harus menghindari berbagai hal yang mampu mengurangi produksi kolagen. Apa saja?

1. Sinar UV Matahari

Paparan sinar matahari memang sangat berbahaya bagi manusia. Apalagi jika terpapar terlalu lama. Kandungan pada sinar UV mampu merusak kolagen dan serat pada jaringan kulit. Protein elastin yang memberikan elastisitas pada kulit juga mampu terpengaruh pada sinar UV. Paparan sinar tersebut mampu memecah pertumbuhan elastin yang akhirnya berdampak pada pertumbuhan kolagen.

2. Merokok

Rokok mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya dan mampu merusak kolagen dan elastin. Zat nikotin mampu mengurangi aliran oksigen yang mampu membahayakan kulit.

3. Makanan dengan Kandungan Gula Tinggi

Makanan yang manis memang enak, tapi mampu merusak protein lain dalam tubuh. Gula dalam darah akan menempel pada protein dan membentuk molekul baru yang merusak protein.

4. Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah bisa mempengaruhi kondisi kulitmu. Ekspresi wajah yang berubah seperti tertawa, cemberut hingga menyipitkan wajah mampu membuat kolagen stres dan memunculkan garis-garis halus.

🔥12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *