Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Asam Lambung

Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Penyebab Naiknya Asam Lambung atau GERD

  1. Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus.
  2. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.
  3. Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung.
  4. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung:

1. Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit.

2. Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati.

3. Kondisi ini dirasakan pada tulang dada akibat asam lambung yang naik ke esofagus. Rasa nyeri akan terasa lebih kuat setelah makan dan saat membungkuk.

Selain gejala di atas, ada juga beberapa gejala lain yang mungkin dialami, di antaranya:

  1. Merasa seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan saat menelan.
  2. Laringitis (peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau).
  3. Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari.
  4. Sakit dada.
  5. Mengi.
  6. Kesulitan dan nyeri saat menelan.
  7. Gigi menjadi rusak.
  8. Kembung dan bersendawa.
  9. Bau napas tidak sedap.
  10. Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Pengobatanya Untuk asam lambung:

  1. Perbanyak makan sayur brokoli, jika ada tepung pati garut apa pati kanji bisa diolah lalu makan setiap 3 jam sekali 5 sendok makan Minimal selama 30 hari
  2. Hindari makanan pedas asam, bakso, soto, gorengan dan daging.
  3. Lebih bagus makan makanan yang serba di kukus
  4. Perbanyak air putih hangat. Setiap hari usahakan 2 liter terpenuhi. Sama pagi setelah bangun tidur minum air putih hangat 3 gelas sebelum jam 8 pagi bun
  5. Sembuhkan asam lambung naik dengan moment propolis. Karena moment propolis mengandung biovaflonoid yang merupakan antioksidan, anti inflamasi atau anti radang.

BERIKUT TESTIMONI

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *