Penyebab Dan Pengobatan Untuk Penderita Bibir Sumbing

Dalam banyak budaya di dunia, bibir sumbing dianggap mewakili salah satu tanda jahat dan dianggap sebagai aib. Padahal,bibir sumbing tidak ada kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis. Bibir sumbing merupakan sebuah efek yang terjadi akibat penyatuan jaringan bibir ataupun langit-langit mulut yang tidak sempurna sehingga terbentuklah celah. Malformasi ini terjadi saat perkembangan janin dalam rahim dan dapat dideteksi dengan USG sejak usia 13 minggu kehamilan.

Penyebab Bibir Sumbing

Kondisi bibir sumbing menyebabkan bagian bibir seperti terbelah dua, rahang dan mulut yang tidak terbentuk, serta masalah pada pertumbuhan gigi. Hal inilah yang mengakibatkan penderita bibir sumbing kesulitan bicara, meskipun secara umum mereka memiliki kemampuan bicara dan tidak mengalami gangguan pendengaran. Kondisi bibir sumbing tidak sama satu sama lain. Ada bibir sumbing yang hanya terjadi pada bagian bibir saja, namun ada juga bibir sumbing yang bisa mencapai langit-langit mulut.

Celah bibir dan langit-langit dapat terjadi sendiri (non-sindrom) atau kadang-kadang dapat menjadi bagian dari serangkaian luas cacat lahir (sindrom).

Beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan bayi menderita bibir sumbing dan celah langit-langit, termasuk:

  • Riwayat keluarga. Orang tua dengan riwayat keluarga bibir sumbing atau celah langit-langit menghadapi risiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan bibir sumbing.
  • Seks. Laki-laki memiliki risiko 2 kali lebih tinggi untuk menderita bibir sumbing dengan atau tanpa celah langit-langit. Sumbing tanpa bibir sumbing lebih sering terjadi pada wanita.
  • Paparan zat tertentu selama kehamilan. Celah bibir dan langit-langit mungkin lebih mungkin terjadi pada wanita hamil yang merokok, minum alkohol atau mengambil obat-obatan tertentu.
  • Memiliki diabetes. Ada beberapa bukti bahwa wanita didiagnosis dengan diabetes sebelum kehamilan mungkin memiliki peningkatan risiko memiliki bayi dengan bibir sumbing dengan atau tanpa celah langit-langit.
  • Menjadi gemuk selama kehamilan. Ada beberapa bukti bahwa bayi yang lahir dari ibu obesitas mungkin telah meningkatkan risiko bibir sumbing dan langit-langit.

Mengobati Bibir Sumbing

Pembedahan adalah penanganan umum yang dilakukan untuk bibir sumbing dan celah langit-langit. Selain itu, beberapa terapi lainnya juga mungkin diperlukan tergantung pada jenis sumbing, terapi wicara dan orthodonsi. Setelah pengobatan kebanyakan anak memiliki penampilan yang normal dengan jaringan parut minimal dan cara bicara yang normal.

🔥26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *