Pengertian,Penyebab, Dan Cara Mengobati Abses Gigi

Abses gigi adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan suatu infeksi pada akar gigi atau antara gigi dan gusi. Tahukah kamu, mengatasi abses gigi bisa juga dilakukan di rumah, dengan bahan-bahan alami?

Abses gigi biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke gigi melalui rongga gigi, patah atau retak dan menyebar ke sepanjang jalan ke ujung akar. Yang menyebabkan nyeri, peradangan dan kantong nanah.

Dalam kebanyakan kasus, abses gigi disebabkan oleh kerusakan gigi yang parah atau penyakit gusi (gingivitis/peradangan pada gusi). Selain itu, buruknya kesehatan gigi dan diet tinggi gula, karbohidrat dan makanan lengket meningkatkan risiko mengembangkan masalah ini.

Tanda dan gejala lainnya meliputi nyeri ketika mengunyah makanan, peningkatan kepekaan terhadap makanan dan minum panas atau dingin, perubahan indera pengecap, bau mulut, pembengkakan di pipi, gusi merah dan sakit, kesulitan membuka mulut, kesulitan menelan makanan, pembengkakan kelenjar getah bening di bawah rahang, demam, dan ketidaknyamanan umum.

Jika tidak diobati, infeksi bisa menyebar ke tulang yang menyokong gigi dan bisa menyebabkan komplikasi parah yang mengancam jiwa. Bahkan jika abses pecah dan ada penurunan rasa sakit yang signifikan, kamu masih perlu perawatan gigi.

Berikut adalah 5 obat alami untuk abses gigi.

1. Mengunyah Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antibiotik alami yang membuatnya sangat efektif untuk mengatasi abses gigi.
Bawang putih membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran infeksi.

  •  Letakkan satu siung bawang putih segar di mulut dan hancurkan dengan gigimu. Kunyah sampai rasa sakit reda. Ludahkan dan kumur dengan air hangat. Untuk mengurangi bau sisa, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam air hangat.
  • Pilihan lain adalah mencampurkan setengah sendok teh bubuk bawang putih dengan sedikit garam meja dan mengoleskannya langsung pada gigi yang terkena. Diamkan selama 10 menit, kemudian kumur dengan obat kumur.
  • Kamu juga bisa menggosokkan minyak bawang putih pada gigi yang terkena.

Ulangi salah satu dari pengobatan ini 3 atau 4 kali sehari selama beberapa minggu.

2. Kumur dengan minyak nabati

Oil pulling (teknik berkumur selama 15 – 20 menit menggunakan minyak nabati tertentu) yang merupakan praktek Ayurveda kuno juga bisa digunakan untuk mengatasi abses gigi atau nyeri pada gusi. Praktek kuno ini membantu mengurangi jumlah bakteri yang ada dalam mulut. Cara ini membantu menarik racun dari mulut dan, bahkan, seluruh tubuh, yang meningkatkan baik kesehatan mulut maupun kesehatan secara keseluruhan.

  •  Letakkan 1 sendok makan minyak kelapa murni di mulut.
  •  Kumur minyak di dalam mulut selama minimal 15 menit. Jangan menelannya.
  •  Setelah 15 menit, ludahkan keluar dan kumur dengan air hangat.
  •  Ulangi proses tersebut dua kali sehari selama sekitar satu bulan untuk hasil yang positif.

Catatan: Lakukan cara ini pada saat perut kosong.

3. Letakkan cengkeh di antara gigi dan pipi

Cengkeh adalah salah satu obat terbaik untuk setiap jenis masalah gigi, termasuk abses gigi.

Cengkeh memiliki sifat antiseptik, analgesik dan antibakteri yang membantu meringankan sakit gigi, peradangan dan nyeri pada gusi.

  •  Celupkan bola kapas dalam minyak cengkeh dan tahan di daerah yang sakit selama beberapa menit.
  •  Pilihan lain adalah meletakkan cengkeh utuh di antara gigi yang terinfeksi dan pipi. Kunyah sesekali untuk mengeluarkan sarinya. Biarkan sari cengkeh di mulut selama minimal 30 menit. Kemudian kumur mulut dengan air hangat.

4. Letakkan kantong teh hitam pada gigi

Kantong teh hitam merupakan obat rumahan lainnya yang baik untuk abses gigi. Kantong teh hitam memiliki tanin yang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain itu, mengandung antioksidan yang membantu melawan infeksi dan meningkatkan kesehatan mulut yang baik.

  •  Rendam kantong teh hitam dalam air hangat selama beberapa menit.
  •  Angkat dari air, peras dan letakkan kantong teh pada gigi yang terkena.
  •  Biarkan di sana selama beberapa jam atau semalam.
  •  Berkumur mulut dengan larutan air garam hangat.
  •  Ulangi sekali sehari selama beberapa minggu.

5. Tetesi moment propolis

Propolis Moment membantu mempercepat proses penyembuhan. Punya kandungan anti inflamasi, antioksidan alami plus menjaga daya tahan tubuh. Propolis Moment dari propolis brazil dengan teknologi nano dan rasa mint yg menyegarkan. Disukai dari anak-anak sampai dewasa dan orang tua.

BERIKUT TESTIMONI

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *