Pengertian, Penyebab Dan Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Osteoarthritis (OA) merupakan radang pada sendi atau kerusakan pada tulang rawan sendi. Penyakit ini dapat terjadi pada seluruh sendi, baik sendi kecil maupun sendi yang besar diantara dua tulang. Osteoarthritis adalah peradangan sendi yang bersifat kronis dan progresif, menyebabkan kerusakan tulang rawan secara bertahap.

Penyebab Pengapuran Tulang

1.Usia

Pengapuran tulang pada tubuh seseorang pada umumnya terjadi karena faktor bertambahnya usia. Dalam kebanyakan kasus, orang yang mengidap pengapuran tulang adalah wanita.

2.Cedera Sendi

Pengapuran tulang juga dapat terjadi karena disebabkan oleh cedera, bisa karena pekerjaan yang dilakukan seperti pekerjaan yang memerlukan gerakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Cedera sendi juga bisa terjadi karena olahraga yang berlebihan, bahkan karena kecelakaan lalu-lintas.

3.Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat membuat sendi-sendi penahan berat tubuh menopang beban berlebihan. Hal ini tentu saja meningkatkan risiko seseorang terkena pengapuran tulang. Selain itu hal lain juga dapat menyebabkan pengapuran tulang adalah diabetes dan rematik.

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Apabila Anda mengalami pengapuran tulang, Anda perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih baik demi tetap menjaga tulang Anda. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengapuran tulang.

1.Olahraga

Olahraga secara teratur nyatanya dapat mengurangi risiko dan mengatasi pengapuran tulang. Olahraga berguna untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Dengan melakukan olahraga secara teratur, Anda dapat membuat sendi-sendi menjadi lebih stabil dan mengurangi tingkat pengapuran tulang. Yang perlu diingat adalah Anda jangan sampai melakukan olahraga secara berlebihan karena akan berdampak buruk pada pengapuran tulang.

2.Mengurangi Berat Badan

Anda yang memiliki berat badan berlebih tentunya membuat sendi mengalami tekanan berlebih pula dan bisa memberi dampak negatif pada pengapuran tulang yang diidap. Solusi untuk mengatasi pengapuran tulang yang berhubungan dengan masalah kelebihan berat badan adalah dengan menurunkan berat badan.

3.Kompres dengan Air Panas atau Dingin

Kompres dengan air dingin bisa digunakan bila nyeri masih sangat akut, hal ini akan berguna untuk mengurangi bengkak dan peradangan. Sedang mengompresnya dengan air panas berguna untuk melemaskan otot dan mengurasi rasa nyeri.

4.Memakai Alat Bantu

Mungkin sebagian pengidap pengapuran tulang memang membutuhkan alat bantu untuk memudahkannya beraktivitas. Anda bisa berkonsultasi pada dokter ahli untuk mendapatkan alat bantu yang cocok dan Anda tetap merasa nyaman beraktivitas saat menggunakan alat bantu tersebut.

5. Memakai Obat Pereda Rasa Sakit

Anda bisa memanfaatkan pemakaian obat pereda rasa sakit seperti krim atau gel yang dengan mudah didapatkan di toko obat. Krim atau gel pereda rasa sakit dapat digunakan pada persendian di lutut dan jari-jari.

Berikut obat pereda sakit dan obat yang bisa menyembuhkan pengapuran tulang:

  1. Moment Propolis ini ada kandungan bioflavonoid, mineral, protein dan juga vitamin yang kesemuanya punya manfaat sebagai anti inflamasi, antioksidan, juga anti virus dan anti jamur.
  2. Moment Haxanthin mengandung antioksidan astaxanthin yg saat ini merupakan antioksidan paling tinggi dikelasnya.
  3. Moment Glucogen mengandung glutathione + collagen dalam Glucogen sangat baik untuk meningkatkan regenerasi sel.

BERIKUT TESTIMONI

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *