Pengertian, Kandungan Dan Efek Samping Buah Plum

Plum tersedia dengan beragam warna dan bentuk dari 2000 lebih varietas yang berbeda . Plum secara umum dibagi menjadi tiga kelompok : Eropa – Asia ( Prunus domestica ) , Jepang ( Prunus salicina ) dan Damson ( Prunus insititia ) . China adalah penghasil utama plum yang diikuti oleh Amerika Serikat , Serbia , dan Rumania . Di AS , produksi utama buah plum terdapat di California . Selain buah segar, Plum juga telah bisa diperoleh ditoko dalam keadaan sudah diolah, yaitu plum kering atau kalengan .

Fakta Kandungan Gizi Buah

Plum Plum mengandung berbagai macam senyawa sehat, seperti berbagai vitamin dan mineral . Plum mengandung vitamin seperti vitamin A , C ( asam askorbat ) , folat dan vitamin K ( phylloquinone ). Juga merupakan sumber vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niasin ) , B -6 dan vitamin E ( alfa-tokoferol ) . Mineral dalam plum termasuk kalium , fluor, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng. Plum juga mengandung serat makanan namun rendah kalori dan tidak mengandung lemak berbahaya.

Bagaimana Memilih Dan Menyimpan Buah Plum ?

Hindari membeli buah plum yang lunak dengan memar permukaannya. Plum yang sudah Matang dan siap untuk dimakan akan terasa lunak jika di tekan sedikit, dan sudah mengeluarkan bau yang harum. Plum dapat disimpan di dalam lemari es, atau disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari .

Plum juga efektif untuk menyembuhkan haid yang tidak teratur, dan membantu mendetoksifikasi perut. Plum juga mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Menurut pengobatan Ayurveda, buah plum memiliki sifat pendinginan yang akan membantu dalam menenangkan kelebihan panas di dalam tubuh .

Peringatan Dan Efek Samping Buah Plum

Plum segar dan produk plum menawarkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan, namun pembatasan dan beberapa pengecualian berikut harus dipertimbangkan sebelum mengkonsumsi plum .

Efek Samping :

  • Oksalat :

Plum mengandung oksalat yang dapat terakumulasi dan mengkristal, dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti ginjal, empedu atau komplikasi kandung kemih. Orang-orang yang sudah menderita kondisi tersebut harus menghindari mengkonsumsi buah plum .

  • Sulfit :

Buah plum kering diberikan sulfit untuk mencegah oksidasi fenol, yang dapat menyebabkan warna buah berubah menjadi coklat gelap. Orang yang peka terhadap sulfit harus waspada makan buah plum, karena mungkin dapat memicu reaksi alergi, termasuk anafilaksis parah.

Interaksi Obat :

Tumor Karsinoid: Tumor karsinoid akan meningkatkan jumlah serotonin dalam darah, dan buah Plum mengandung serotonin tinggi. Mengkonsumsi buah plum sebelum dilakukan tes diagnostik tumor karsinoid, dapat menyebabkan hasil positif yang palsu.

🔥37

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *