Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Pencegahan Kanker Serviks

Pengertian Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi saat ada sel-sel di leher rahim alias serviks yang tidak normal, dan berkembang terus dengan tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut bisa berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan tumor pada serviks. Tumor yang ganas nantinya berkembang jadi penyebab kanker serviks.

Leher rahim sendiri adalah organ yang berbentuk seperti tabung silinder. Fungsinya yaitu menghubungkan vagina dengan rahim. Kanker ini adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita di seluruh dunia. Namun, tes pap smear yang rutin dapat membantu mengetahui adanya kanker serviks secara dini.

Kanker serviks sering kali masih bisa disembuhkan jika ditemui sejak awal. Selain itu, ada beberapa metode untuk mengendalikan risiko kanker serviks, yang membuat angka kasus kanker serviks menurun.

Gejala Kanker Serviks

Pada tahap awal, wanita dengan kanker serviks awal dan pre-kanker tidak akan mengalami gejala. Pasalnya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala hingga tumor terbentuk. Tumor kemudian bisa mendorong organ di sekitar dan mengganggu sel-sel sehat. Gejala kanker serviks bisa ditandai dengan ciri-ciri berikut ini.

  1. Perdarahan yang tidak wajar dari vagina. Misalnya perdarahan padahal Anda tidak sedang haid, menstruasi yang lebih panjang, perdarahan setelah atau saat berhubungan seks, setelah menopause, setelah buang air besar, atau setelah pemeriksaan panggul.
  2. Siklus menstruasi jadi tidak teratur.
  3. Nyeri pada panggul (di perut bagian bawah).
  4. Nyeri saat berhubungan seks atau berhubungan seks.
  5. Nyeri di pinggang (punggung bawah) atau kaki.
  6. Badan lemas dan mudah lelah.
  7. Berat badan menurun padahal tidak sedang diet.
  8. Kehilangan nafsu makan.
  9. Cairan vagina yang tidak normal, seperti berbau menyengat atau disertai darah.
  10. Salah satu kaki membengkak.

Ada beberapa kondisi lainnya, seperti infeksi, yang dapat menyebabkan berbagai ciri-ciri kanker serviks tersebut. Namun, apa pun penyebabnya, Anda tetap harus mengunjungi dokter untuk memeriksakannya. Mengabaikan kemungkinan gejala kanker serviks hanya akan membuat kondisi memburuk dan kehilangan kesempatan perawatan yang efektif.

Lebih baik lagi, jangan menunggu hingga gejala kanker serviks muncul. Cara terbaik untuk merawat kelamin Anda dengan melakukan tes pap smear dan pemeriksaan panggul secara rutin ke dokter kandungan.

Penyebab Kanker Serviks

KANKER SERVIKS disebabkan oleh Human Papilloma Virus ( HPV) . Virus ini SANGAT MUDAH berpindah dan menyebar, tdk hanya melalui cairan, TAPI juga berpindah melalui sentuhan kulit.

Selain itu, penggunaan toilet umum yang sudah terkena virus HPV dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak dibersihkan dengan baik.

Pencegahan Kanker Serviks

Wanita yang sayang tubuhnya. Segera ganti pembalut biasa anda dengan pembalut moment Softly. Karena kanker serviks adalah pembunuh nomor 1 wanita di dunia.

Kenapa harus softly moment??

Karena bebas klorin dan dioxin

Apa klorin dan dioxin???

Zat kimia berbahaya yang terkandung dalam pembalut biasa yang berbahan kertas daun ulang

Dan zat itulah yang menyebabkan timbulnya penyakit organ kewanitaan, salah satunya kanker serviks apalagi penggunaan pembalut daur ulang dalam jangka panjang.

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *