Pengertian, Faktor Utama Dan Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Apakah metabolisme itu?

Secara sederhana, metabolisme artinya tingkat kecepatan tubuh membakar energi. Metabolisme adalah cara tubuh menggunakan lemak, karbohidrat, dan protein untuk membentuk energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Metabolisme merupakan mesin yang memastikan semua proses tubuh bekerja dengan baik.

Faktor apakah yang mempengaruhi metabolisme?

Apakah kita tahu jika kita tidak dapat dapat mengatur 100% metabolisme tubuh kita sendiri?

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap metabolisme tubuh kita adalah :

  1. Faktor genetik
  2. Jenis kelamin dan usia
  3. Tentu saja merupakan beberapa hal yang tidak dapat kita atur sendiri.

Faktor genetik memainkan peran penting dalam metabolisme kita.

Tetapi kita bisa juga kok mengatur metabolisme tubuh kita. Yaitu dengan meningkatkan aktivitas fisik, mengatur jenis makanan yang kita makan, dengan menurunkan kadar lemak tubuh, dengan rutin berolahraga dan menata keseluruhan pola hidup yang kita lakukan sehari-hari. Semakin sedikit otot dlm tubuh krn jarang olahraga, metabolisme pun rendah. Semakin tua usia, metabolisme pun bisa menurun.

Pernahkah kita berpikir faktor utama apa yg memicu turun naik nya berat badan kita?

Naik turunnya berat badan kita semua bergantung pada metabolisme rate (tingkat metabolisme) tubuh kita. Apa itu metabolisme rate?

Metabolisme rate terbentuk dari tiga komponen.

  1. BMR atau Basal Metabolic Rate yaitu banyaknya energi yang dibakar saat tubuh kita beristirahat
  2. Konsumsi energi yang digunakan saat melakukan aktifitas fisik.
  3. Thermic Effect of Food yaitu banyaknya energi yang digunakan untuk mencerna makanan yang kita makan.

Sekarang mari kita lihat hubungan metabolisme dengan berat badan. Kita bisa lihat, semakin tinggi angka metabolisme rate kita maka semakin tinggi pula pemakaian energi dari tubuh. Dari manakah energi datang? Tentu saja dari makanan yang kita konsumsi.

Jadi kita berpikir :

“Ohh kalo gitu mudah saja, saya tinggal mengurangi makanan yang saya konsumsi sampai batas minimum”

Ternyata hal tersebut salah, mengurangi porsi makan sampai ekstrim tidak akan meningkatkan metabolisme kita. Tubuh kita membutuhkan minimal mutrisi dan energi untuk membuat tubuh bekerja dengan baik. Dengan mengurangi makan tidak akan membuat kita menurunkan berat badan dengan sehat.

Cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan dengan sehat adalah dengan menaikkan angka rate metabolisme kita. Bahasa sederhananya adalah membakar lebih banyak energi lagi.

Apa yang harus kita lakukan untuk membakar lebih banyak energi ini ?

Para ahli mengatakan hal-hal dasar yang bisa kita lakukan adalah:

  1. Olahraga weight training dan HIIT (spt Tabata). Semakin banyak otot di tubuh kita, akan semakin tinggi metabolisme kita. Otot adalah mesin pembakar lemak yang luar biasa.
  2. Makan sehat, jangan lakukan diet yang ekstrim lakukanlah diet yang sehat, mengkonsumsi makanan yang sehat dan cara memasak yang benar. Hitung porsi makro nutrisi kita.
  3. Jangan takut makan serat. Serat adalah sumber mikro nutrisi (vitamin dan mineral) untuk tubuh kita, yang sangat penting dlm metabolisme kita. Serat juga mengenyangkan, tapi rendah karbo dan rendah kalori.
  4. Cukupi porsi protein kita sesuai porsi makro nutrisi. Saat kita berolahraga membutuhkan protein yang cukup utk membentuk otot. Protein juga adalah makanann yang paling besar membutuhkan kalori saat memecah nya dalam pencernaan.
  •  Kopi adalah minuman yang bisa meningkatkan metabolisme kita (walau tdk terlalu signifikan) tapi dengan minum 1 cangkir kopi hitam tanpa tambahan apapun di pagi hari akan sedikit meningkatkan semangat kita utk memulai olahrga misal nya
🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *