Pengertian, Ciri-Ciri Serta Pengobatan Kanker Payudara

KANKER PAYUDARA

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan bagi seorang wanita, setelah kanker serviks. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara Anda, misalnya saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak. Gaya hidup, hormonal, dan faktor lingkungan memang dicurigai sebagai penyebab dari kanker ini.

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Anda Kenali

Memiliki risiko atau tidak, tentu tidak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara. Terutama kanker payudara stadium 1. Agar jika sel kanker tersebut tumbuh, Anda tidak terlambat untuk mengobatinya.

Berikut ini adalah ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang perlu Anda ketahui :

1. Munculnya benjolan di payudara

Benjolan di dalam payudara merupakan salah satu pertanda awal dari munculnya kanker payudara. Dan benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski begitu, tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara. Benjolan ini dapat teraba saat Anda melakukan pemeriksaan pribadi di rumah. Biasanya teraba saat Anda sedang menstruasi.

2. Warna kulit payudara Anda berubah

Perubahan warna ini terkadang disalahartikan dengan infeksi. Padahal, jika Anda tidak yakin dengan benjolan yang muncul di dalam payudara, perubahan warna kulit mungkin bisa membuat Anda lebih waspada. Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan, seperti terjadi iritasi, tekstur kulit terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit. Meski begitu, pada kanker payudara tipe tertentu yang cukup jarang, perubahan warna tidak terjadi.

3. Puting terasa sakit

Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 1 lainnya adalah dengan munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Selain itu, ditandai dengan keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak.

4. Muncul benjolan pada ketiak

Meski disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan pada di bawah ketiak yang Anda temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Itulah kenapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah?

  1. Melakukan aktivitas fisik. Lakukan jalan kaki rutin 10.000m/hari dan atau beraktivitas di gym tiga kali seminggu minimal 45 menit.
  2. Mengubah pola makan. Kurangi karbohidrat dan hindari makanan berlemak. Kolesterol adalah penyumbang 60-70% pencetus kanker.
  3. Manajemen stres. Saat stres tubuh akan mengeluarkan kortisol. Sebetulnya tubuh punya mekanisme melawan penyakit termasuk kanker. Sayangnya si kartisol ini malah melemahkan antibodi yang sedianya betugas melawan sel kanker.
  4. Periksa rutin. Untuk para perempuan, setelah mengalami menstruasi disarankan untu melakukan pemeriksaan rutin. Pada anak-anak bisajadi benjolan tak mengarah ke kanker, namun usia dewasa kewaspadaan lebih ditingkatkan.
  5. Konsumsi Produk MOMENT Propolis Dan MOMENT ABG. Karena Propolis memiliki flavonoid (salah satu kandungan dalam propolis) yang ternyata bisa melawan sel kanker dengan cara apoptosis (dalam bahasa awam dimakan/dihancurkan). Sedangkan Moment ABG mengandung PPARs agar sel yang sehat tidak tertekan atau terinvasi oleh sel kanker, selain itu dapat membuka inti sel untuk memakan nutrisi yang diantarkan oleh insulin.

BERIKUT TESTIMONI

Untuk Konsultasi Dan Pemesanan

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *