Kandungan Tauge Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Sayuran kecil ini memang berukuran kecil dan berbentuk sangat lucu. Orang-orang sering memplesetkan bahwa bentuk tauge mirip dengan sel sperma pria. Maka dari itu, tidak heran jika tauge mempunyai segudang nutrisi dan manfaat yang bisa kita dapatkan untuk meningkatkan kesuburan baik untuk pria maupun untuk wanita.

Dengan segudang manfaat yang dimiliki oleh tauge, memang sangat dianjurkan bagi kita untuk membelinya karena tauge harganya sangat murah. Tentunya, kita sangat beruntung memiliki hasil bahan makanan tradisional yang sangat menyehatkan dan tentu harganya sangat terjangkau.

Apa saja sebenarnya kandungan toge itu?

Toge atau tauge merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau dan kacang kedelai. Namun yang terjadi di masyarakat, ketika seseorang mengatakan Taoge biasanya merujuk pada kecambah dari kacang hijau. Sedangkan kata kecambah berarti merujuk pada kecambah dari biji kacang kedelai. Bentuk kecambah diperoleh setelah biji diproses selama beberapa hari. Proses tersebut dinamakan sebagai perkecambahan.

Toge ini termasuk jenis sayuran yang cukup sering dikonsumsi masyarakat. Kandungan yang terdapat pada sayuran toge ini antara lain :

  • Energi : 23 kal
  • Protein : 2,9 g
  • Lemak : 0,2 g
  • Karbohidrat : 4,1 g
  • Serat : 1,0 g
  • Kalsium : 29 mg
  • Fosfor : 69 mg
  • Zat Besi : 0,8 mg
  • Vitamin A : 10 IU
  • Vitamin B1 : 0,07 mg
  • Vitamin C : 15 mg
  • Air : 92,4 g

Lalu apa manfaat sebenarnya dari sayuran toge ini?

Seperti yang telah dikatakan di awal, sayuran toge bermanfaat untuk kesuburan pria. Tidak hanya itu saja, sayuran toge juga memiliki manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan. Dan berikut ini adalah manfaat toge untuk kesuburan, antara lain :

1. Meningkatkan kesuburan

Menurut Boyke Dian Nugraha, pakar kesehatan kenamaan Indonesia, sayuran toge berkhasiat untuk kesuburan karena mengandung vitamin E. Ya, vitamin E memang banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan kelenturan kulit supaya terlihat awet muda, serta untuk mencegah penuaan dini. Tapi ketahuilah bahwa vitamin E juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita, serta menambah stamina pria dewasa.

2. Meningkatkan kualitas sperma

Sayuran toge memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat menjaga sel telur dan sperma dari kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan kualitas sperma. Dan ketahuilah bahwa untuk membuahi sel telur agar menghasilkan kehamilan, maka pria harus memiliki sperma yang berkualitas baik.

3. Membantu program kehamilan

Tauge mengandung asam folat yang sangat diperlukan dalam membantu program kehamilan. Selain untuk program kehamilan, Asam folat atau vitamin B9 berperan dalam mendukung perkembangan janin. Dosis asam folat untuk wanita yang sedang dalam program hamil adalah 800 mcg per hari. Sedangkan untuk wanita subur adalah 400 mcg per hari.

4. Merangsang produksi testosteron

Dengan kandungan yang terdapat pada sayuran toge, seperti vitamin B, C, dan vitamin E, dipercaya mampu merangsang produksi testosteron dalam tubuh menjadi lebih efektif. Testosteron adalah hormon yang memiliki beberapa peran penting dalam tubuh laki-laki, salah satunya adalah untuk sistem reproduksi.

🔥4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *