Makanan Peningkat Dan Menurunkan Produksi Kolagen

Kolagen adalah jenis protein berserat yang terdapat pada kulit, jaringan ikat, tulang rawan, dan otot. Karena bentuknya yang berserat, kolagen dapat memberi struktur pada ligamen dan tendon, merekatkan tulang dan otot, meningkatkan elastisitas kulit, serta melindungi organ tubuh kita.

Makanan Peningkat Produksi Kolagen

Selain dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen, kamu juga dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, contohnya berikut ini.

1. Makanan Mengandung Likopen

Pada dasarnya, makanan berwarna merah cerah seperti tomat, paprika merah, dan pepaya dapat meningkatkan produksi kolagen.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan wanita usia 50—60 tahun, pemberian likopen selama empat bulan dapat meningkatkan produksi kolagen dan menurunkan kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas karena likopen juga bersifat antioksidan.

Dengan rajin mengonsumsi makanan mengandung likopen, kamu sudah selangkah lebih dekat menuju pencegahan penuaan dini.

2. Buah-buahan Sitrus

Bahan baku kolagen adalah lisin dan prolin. Untuk mengubah lisin dan prolin menjadi kolagen, tubuh membutuhkan vitamin C yang berasal dari buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan limau.

Selain itu, vitamin C juga mencegah enzim-enzim pemecah dan radikal bebas untuk merusak kolagen.

Maka dari itu, pastikan asupan vitamin C harianmu terpenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan sitrus atau dengan mengonsumsi suplemen vitamin C harian.

3. Makanan Mengandung Sulfur

Sulfur merupakan mikromineral yang dibutuhkan dalam proses pembentukan kolagen. Sumber sulfur biasanya berupa daging sapi, ayam, telur, produk susu, bawang, brokoli, dan kol.

Sulfur menunjang pembentukan kolagen bersama dengan tiamin, vitamin C, dan asam pantotenat yang dibutuhkan dalam proses metabolisme dan menjaga kesehatan saraf.

Apa Saja yang Dapat Menurunkan Produksi Kolagen?

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen, ada baiknya kamu juga mengetahui apa saja yang dapat menurunkan produksi kolagen.

Produksi kolagen dapat menurun karena penyebab internal seperti penyakit autoimun. Namun, gaya hidup seperti merokok dan konsumsi gula secara berlebihan juga dapat menurunkan produksi kolagen alami.

Sedapat mungkin, hindarilah merokok dan batasi konsumsi gula harianmu. Selain itu, lindungi dirimu dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan karena hal tersebut juga dapat merusak jaringan kolagen.

Jadi, tidak perlu suntik kolagen untuk mendapatkan kulit sehat sempurna. Kamu dapat memulainya dengan cara sederhana dan murah, yaitu dengan menyertakan bahan-bahan makanan di atas ke dalam menu harianmu.

Yuk, memulainya dari sekarang!

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *