Lebih Sehat Mana Anggur Hitam, Anggur Merah Dan Anggur Hijau

Apakah perbedaan antara anggur hitam, anggur merah dan anggur hijau? Anggur adalah tanaman buah yang berbentuk perdu merambat dan termasuk anggota dari famili Vitaceae. Anggur biasanya dimanfaatkan buahnya untuk keperluan konsumsi. Selain dimakan langsung, buah anggur juga bisa diolah menjadi jus, jelly, minuman, dan kismis.

Berdasarkan warna kulit buahnya, anggur dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu anggur merah, anggur hijau, dan anggur hitam. Beberapa varietas tanaman anggur yang memiliki buah dengan kulit berwarna merah antara lain merlot, pinot noir, cabernet sauvignon, dan syrah/shiraz. Sedangkan contoh varietas anggur hijau atau disebut pula sebagai anggur putih yaitu chennin blanc, chardonnay, riesling, sauvignon blanc, dan semillon.

Anggur Hitam

Anggur hitam kaya akan reservatrol. Zat ini memiliki manfaat sebagai anti-aging, karena dapat mencegah penuaan sel kulit. Selain itu, zat reservatrol juga dapat menjaga kestabilan tekanan darah, menunjang sirkulasi darah dan jantung, serta menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Semakin gelap warna buah anggur semakin tinggi pula kandungan reservatrol di dalamnya.

Anggur Merah

Serupa dengan anggur hitam, anggur merah juga memiliki kandungan reservatrol yang cukup tinggi. Selain itu, anggur merah juga kaya akan quercetin. Ini adalah satu jenis antioksidan yang baik bagi tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi anggur merah dapat menjaga kestabilan tekanan darah, menurunkan risiko alergi, serta mengendalikan gejala arthritis rheumatoid atau rematik.

Anggur merah memiliki buah yang berkulit merah juga mengandung falvonoid dan antioksidan yang tinggi. Buah anggur ini juga menyimpan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin B, vitamin C, protein, tembaga, mangan, kalium, anthocyanin, dan lain-lain. Selain rendah kalori, anggur merah pun mempunyai serat yang banyak sehingga cocok sekali untuk diet.

Anggur Hijau

Anggur hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Anggur ini mengandung vitamin C, vitamin K, dan lemak jenuh. Ada pula kandungan potasium dan zat besi yang tersimpan di dalamnya. Salah satu antioksidan yang terdapat pada anggur jenis ini adalah katekin. Katekin memiliki kemampuan anti radang yang baik dan dapat membantu mengeliminasi zat-zat berbahaya dari tubuh dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, mengkonsumsi anggur hijau juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, membantu melangsingkan tubuh, serta menjaga daya tahan tubuh.

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *