Ketahuilah, Buah Mangga Sangat Bagus Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal buah mangga? Buah ini adalah buah favorit yang selalu dinanti tiap musim panennya. Bagian luar buah mangga berwarna hijau dengan daging buah yang berwarna kuning atau orange.

Buah mangga adalah buah yang tidak hanya bermanfaat untuk makanan sehari-hari serta penghias kue, namun buah ini juga baik untuk dikonsumsi tubuh dengan banyak khasiat kesehatan yang akan Anda dapatkan.

Kandungan serat, vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi, protein, lemak, karbohidrat, dan gula alami ada di dalam buah mangga. Tak heran lagi jika buah yang satu ini mampu memberikan Anda manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat dan khasiat buah mangga yang sangat baik untuk kesehatan :

1. Mengatasi Diabetes

Buah mangga memiliki kandungan glikemik yang tergolong rendah, sehingga mengkonsumsi buah mangga dalam jumlah banyak tidak akan meningkatkan kadar gula. sehingga tidak akan membahayakan penderita diabetes.

2. Mencegah penyakit kanker

Beberapa senyawa dalam buah ini seperti asam galat dan fisetin berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Manfaat mangga yang satu ini akan melindungi organ tubuh Anda yang berpotensi mengidap penyakit kanker, seperti payudara dan usus besar.

3. Mengatasi penyakit jantung

Manfaat mangga yang berikutnya adalah mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Kandungan serat, vitamin dan kalium adalah perpaduan senyawa yang baik untuk menyehatkan organ jantung Anda. Jantung yang sehat akan membuat tubuh Anda juga sehat.

4. Membuat tulang lebih sehat

Khasiat mangga untuk tulang adalah menguatkannya dan membantu pertumbuhannya. Kandungan vitamin K dalam buah ini berguna untuk kesehatan tulang. Jadi Anda tidak hanya membutuhkan kalsium saja, namun juga vitamin K.

5. Melancarkan pencernaan

Salah satu kandungan senyawa yang ada pada buah mangga untuk melancarkan pencernaan adalah serat. Buah ini akan membantu Anda memiliki pencernaan yang lebih baik dan juga sehat tentunya agar senantiasa terhindar dari penyakit pencernaan.

6. Obat anemia

Obat anemia yang paling cocok adalah zat besi. Zat besi banyak terdapat pada buah mangga. Jadi jika Anda mengonsumsi buah ini setiap hari, Anda bisa mengobati penyakit anemia dengan cara yang lebih alami.

7. Mengontrol kadar kolesterol

Kandungan vitamin C dan juga serat yang tinggi pada mangga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol jahat adalah penyebab utama dari timbulnya beberapa penyakit kronis. Untuk menghindari hal tersebut, konsumsilah mangga dengan lebih teratur.

8. Membuat mata sehat

Khasiat mangga untuk mata adalah menyehatkannya. Buah ini kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk menyehatkan mata dan membuat penglihatan Anda lebih jelas serta tajam. Buah ini juga sangat cocok bagi Anda penderita mata minus.

9. Mencegah asma

Banyak orang yang masih tidak tahu jika buah mangga dapat mencegah asma. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan beta karoten yang tak kalah tinggi dari sayuran. Beta karoten adalah senyawa yang berkhasiat untuk mencegah penyakit asma.

10. Pencegahan Degenerasi Makula

Zat antioksidan zeaxanthin ditemukan di dalam mangga yang menyaring sinar cahaya biru, yang diperkirakan akan memainkan peran protektif dalam kesehatan mata dan mungkin menangkal kerusakan dari degenerasi makula. Asupan buah-buahan yang tinggi (3 porsi atau lebih dalam sehari), telah terbukti menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *