Kenali Pemicu Asma Sejak Dini Agar Bisa Mengatasinya

Asma adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan dalam saluran pernapasan. Peradangan ini membuat saluran pernapasan bengkak dan sangat sensitif. Akibatnya, saluran pernapasan menyempit, menyebabkan kurangnya udara yang mengalir ke paru-paru.

Sel di saluran pernapasan juga mungkin membuat lebih banyak lendir dari biasanya. Lendir ini selanjutnya dapat makin mempersempit saluran pernapasan. Penyakit Asma Bisa diderita oleh semua Usia baik balita – Manula

Jika asma atau atopi terdapat dalam keluarga Anda, paparan iritan (misalnya, asap rokok) dapat membuat saluran pernapasan Anda lebih reaktif terhadap zat di udara. Serangan asma dapat terjadi ketika Anda terpapar “pemicu asma.” Pemicu Anda bisa berbeda dengan penderita asma lainnya.

Pemicu Terjadinya Asma adalah

  1. Polusi udara seperti rokok, zat kimia, debu dll
  2. Serbuk sari
  3. Bulu binatang
  4. Udara dingin
  5. Infeksi saluran pernafasan
  6. Olah raga berlebihan
  7. Rasa cemas , ketakutan dan stres

Pencegahan Penyakit Asma

  • Hindari pemicu terjadinya penyakit Asma
  • Menjaga kesehatan lingkungan
  • Tingkatkan daya Tahan Tubuh dengan Nutrisi Herbal dan makanan bergizi

Ciri-ciri dan gejala asma adalah:

  1. Batuk. Batuk asma sering lebih buruk pada malam hari atau pagi, sehingga sulit untuk tidur.
    Mengi. Mengi adalah suara siulan yang melengking yang muncul ketika Anda bernapas.
  2. Dada sesak. Ini mungkin terasa seperti ada sesuatu menekan dada Anda.
  3. Sesak napas. Beberapa orang yang memiliki asma mengatakan mereka tidak bisa bernapas atau mereka merasa kehabisan napas. Anda mungkin merasa seperti Anda tidak bisa menghembuskan udara dari paru-paru Anda.

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, tidak selalu berarti Anda menderita asma. Cara terbaik untuk mendiagnosis asma dengan pasti adalah menggunakan tes fungsi paru-paru, riwayat medis (termasuk jenis dan frekuensi gejala), dan pemeriksaan fisik.

Gejala berat bisa berakibat fatal sehingga penting untuk mengobati gejala ketika Anda pertama kali menyadarinya sehingga tidak menjadi parah.

Asma adalah penyakit yang tak bisa disembuhkan. Namun, berbagai cara mulai dari penggunaan obat hingga perubahan gaya hidup dapat membantu mengendalikan gejala asma dan mencegahnya kambuh.

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *