Kenali Gejala Awal Gula Darah Dapat Naik

Kadar gula darah Anda dikatakan terlalu tinggi jika melebihi angka 200 mg/dL. Dalam ilmu medis, kadar gula darah terlalu tinggi disebut hiperglikemia.

Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin maupun akibat resistensi insulin, yaitu hormon yang dilepas oleh pankreas. Insulin berfungsi menyebarkan gula dalam darah ke seluruh sel-sel tubuh agar bisa diproses menjadi energi.

Kondisi gula darah yang meningkat sudah pasti mengubah fungsi tubuh Anda saat itu. Berikut adalah berbagai tanda gula darah tinggi pada tubuh yang harus Anda ketahui:

1. Selalu merasa haus, namun sering buang air kecil

Hati-hati jika Anda selalu merasa haus meski telah minum banyak air. Rasa haus yang tak hilang adalah tanda gula darah tinggi yang paling sering terjadi. Hal ini diakibatkan karena fungsi ginjal Anda terganggu sesaat setelah tubuh tak mampu mengendalikan gula darah. Cairan yang seharusnya diserap kembali oleh ginjal, justru keluar bersama gula. Kondisi ini pada akhirnya membuat Anda kekurangan cairan dan sering buang air kecil sekaligus.

2. Merasa kelelahan

Gula adalah sumber utama energi di dalam tubuh. Jika gula darah tinggi, harusnya energi yang dimiliki tubuh semakin banyak. Namun pada kenyataannya gula darah yang tinggi tidak bisa diolah dengan baik dan mengganggu fungsi insulin, sehingga tubuh tidak mengolahnya dan akhirnya kekurangan energi. Kondisi itu yang membuat Anda menjadi cepat lelah.

3. Selalu lapar, tetapi berat badan malah turun

Meskipun telah makan banyak, tetap saja gula darah tidak diolah menjadi energi akibat terlalu banyak. Sel-sel tubuh Anda tidak mendapatkan makanan, sehingga Anda merasa terus lapar dan nafsu makan meningkat. Kondisi ini juga dapat membuat berat badan Anda turun secara tiba-tiba.

4. Penglihatan menjadi kabur

Tanda kadar gula darah tinggi lainnya adalah kemampuan melihat yang menurun. Jadi, saat gula darah meningkat, tubuh tak mampu membuat energi yang seharusnya dipakai untuk menjadi bahan bakar semua jaringan tubuh, termasuk sistem saraf. Dalam hal ini, jaringan saraf pada indera penglihatan juga dapat terganggu, akhirnya penglihatan Anda menjadi kabur.

5. Mulut kering

Mulut kering atau yang biasa disebut dengan xerostomia, merupakan tanda gula darah tinggi. Gula darah yang tinggi menyebabkan kelenjar air liur terganggu sehingga tidak menghasilkan air liur secara normal. Biasanya gejala yang juga dialami saat mengalami kondisi ini adalah nyeri dan sakit pada gusi serta gigi.

🔥4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *