Kenali Bau Mulut Anda Bisa Jadi Itu Penyakit

Bau mulut adalah gangguan mulut yang sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Saat Anda bangun pagi pun, bau mulut pasti menyertai. Padahal Anda sudah sering menggosok gigi atau mengunyah permen pengharum mulut, bau mengganggu itu tidak juga lenyap.

Selain dapat penghambat dalam hubungan sosial, bau mulut ternyata juga bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah dengan kesehatan Anda. Setiap bau berbeda dari mulut Anda bisa menjadi tanda adanya masalah gusi, tenggorokan, pola makan buruk, atau bahkan masalah ginjal atau hati.

Kenali bau mulut Anda dan masalah kesehatan yang menyertainya, yang bisa mendeteksi adanya penyakit seperti yang berikut ini :

  • Bau Buah-Buahan

Kemungkinan diabetes. Gula dalam aliran darah biasanya masuk ke dalam sel yang kemudian digunakan sebagai energi. Jika itu tidak terjadi, gula darah naik dan sel mulai membakar lemak sebagai energi.

  • Bau Sangat Busuk

Kemungkinan penyakit paru-paru. Bau yang sangat tidak sedap, jika lebih parah dari tipikal bau napas tidak sedap. Bisa berupa infeksi seperti pneumonia hingga kanker.

Juga bisa jadi pertanda masalah radang amandel. Ketika amandel terinfeksi dan meradang, hal ini membuat bakteri anaerobik di belakang lidah sulit memecah zat kimia seperti biasa.

  • Bau Amis

Jika bau mulut Anda berbau amis seperti ikan, Katz mengatakan, nitrogen adalah penyebab utamanya. Artinya, ginjal atau hati Anda mengalami masalah. Ini disebabkan nitrogen masuk ke dalam pecahnya jaringan ginjal dan hati.

  • Bau Kotoran

Penyebabnya ada beberapa hal, seperti sumbatan usus atau tumor. Saat usus tersumbat, kotoran bisa kembali ke atas ke titik di mana membuat mulut Anda bau seperti kotoran. Dalam kasus yang parah, seseorang bisa saja muntah kotoran.

Penyebab lainnya adalah penyakit gusi, di mana jaringan yang membusuk bisa menyerupai bau feses karena produksi zat kimia yang mirip dengan bakteri anaerobik. Infeksi sinus juga bisa menyebabkan bau seperti kotoran, di mana infeksi ini biasanya menyebabkan penumpukan bakteri yang menyebabkan bau mulut seperti kotoran.

  • Bau Susu Basi

Bau mulut yang menyerupai susu basi menandakan Anda mengalami pola makan yang buruk. Jika Anda Anda menjalani diet rendah karbohidrat dan tinggi protein, Anda bisa mengalami bau mulut seperti susu basi. Karena tubuh memiliki karbohidrat lebih sedikit untuk diubah menjadi energi, tubuh akan membakar lemak dan protein. Dalam hal ini, protein yang dikonsumsi dari diet tanpa karbohidrat bisa menyebabkan bau tidak sedap seperti makanan busuk, keju atau susu basi hingga telur busuk.

  • Bau Muntah

Penyebab mulut Anda bisa berbau seperti muntah adalah asam refluks yang juga dikenal dengan heartburn.  Bau ini biasanya disebabkan oleh kombinasi mulut kering, asam perut di dalam mulut, dan bakteri atau virus yang menyebabkan sakit.

Itulah beberapa tanda penyakit yang bisa di deteksi lewat bau mulut Anda. Oleh karena itu perhatikanlah bau mulut Anda sendiri sebab bisa jadi itu gejala penyakit.

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *