Kantung Mata Bengkak, Ini Penyebabnya

APA ITU KANTUNG MATA BENGKAK?

Kantung mata bengkak adalah keluhan yang cukup umum dialami orang-orang, terutama yang sudah mulai tua. Karena proses penuaan, jaringan-jaringan di sekitar mata (termasuk beberapa otot yang menyokong kelopak mata) menjadi lemah.

Lemak yang membantu menyokong mata lalu bisa berpindah ke kelopak mata bawah, menyebabkan kantung mata bengkak. Mungkin juga ada cairan yang menumpuk di ruang bawah mata, sehingga menambah bengkaknya.

Kantung di bawah mata biasanya hanyalah masalah penampilan dan jarang sekali yang merupakan tanda-tanda masalah kesehatan serius.

APA PENYEBAB KANTUNG MATA?

Penyebab kantung mata membengkak adalah penumpukan cairan. Hal ini terjadi jika ada terlalu banyak cairan yang disimpan di jaringan kulit di bawah mata. Jika kantung mata menghitam, itu berarti pembuluh-pembuluh darah di dalamnya menjadi lebih terlihat di area itu. Lalu apa yang menyebabkan kedua hal itu sehingga kantung mata membengkak dan menghitam?

1. KURANG TIDUR

Inilah penyebab kantung mata yang paling umum. Kurang tidur membuat tubuh Anda tidak bisa mengeluarkan cairan dari dalam. Malahan, cairan menumpuk di jaringan di bawah mata, menyebabkan kantung mata muncul.

2. USIA TUA

Kantung mata yang bengkak dan gelap adalah bagian alami dari proses penuaan. Seiring usia bertambah, lemak di bawah permukaan kulit mulai melorot. Begitu juga lemak di bagian bawah mata.

3. TERLALU BANYAK GARAM

Kalau Anda makan makanan yang banyak garamnya sebelum tidur, Anda mungkin akan bangung dengan kantung mata membesar. Ini karena garam membuat tubuh menyimpan cairan.

4. LUPA MEMBERSIHKAN RIASAN

Kadang Anda terlalu lelah atau malas untuk membersihkan riasan make up sebelum tidur. Tapi hal itu berdampak buruk bagi kulit. Anda bisa mengalami iritasi di kulit sekitar mata, dan proses penuaan kulit akan lebih cepat. Akibatnya, Anda lebih rentan memiliki keriput dan mata panda.

5. MEROKOK

Asap rokok membunuh sel-sel sehat dalam tubuh dan merusak produksi kolagen. Ini mempercepat proses penuaan serta kemunculan keriput dan garis-garis halus. Merokok juga memperparah kantung mata Anda.

6. ALERGI

Kalau Anda memiliki alergi, kemungkinan Anda sudah tahu bahwa salah satu gejalanya adalah bengkak di sekitar mata. Ketika mengalami reaksi alergi, tubuh melepaskan bahan-bahan kimia (histamin) yang menyebabkan area mata membengkak.

7. FAKTOR GENETIK

Sebagian dari penyebab kantung mata adalah faktor keturunan. Jika orang tua atau kakek-nenek Anda punya kantung mata yang besar dan menghitam, kemungkinan Anda juga mengalaminya.

(dherbalcom)

🔥2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *