Kanker Payudara Mematikan! Berikut Cara Menghindarinya?

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Linda Amalia Sari Gumelar, beberapa waktu lalu mengatakan kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Data Kementerian Kesehatan tahun 2016 menyebut angka kematiannya mencapai 21,5 per 100 ribu.

Kanker payudara sering juga disebut sillent killer, lantaran di stadium awal sering kali tidak bergejala. Inilah yang menyebabkan kanker payudara baru ketahuan setelah stadiumnya berlanjut.

“Hampir semua kanker payudara pada stadium awal tidak memiliki gejala sama sekali. Justru saat ada benjolan di payudara dan adanya cairan keluar dari puting itu merupakan gejala stadium lanjut, makannya kadang kanker payudara dinamakan silent killer,” tutur dr Doddy Permadi Aryawan, SpOk, dokter spesialis okupasi dari Graha Medika, beberapa waktu lalu.

Mengapa kanker payudara bisa mematikan? Menurut penjelasan dr Doddy, ini karena kanker payudara rentan menyebar ke kelenjar getah bening. Padahal kelenjar getah bening merupakan salah satu organ utama dalam sistem pertahanan tubuh dan memiliki banyak kaitan dengan organ tubuh yang lain.

Nah, dalam stadium lanjut, sel kanker mengganas dengan menyebar ke organ lainnya. Jika sel kanker sudah memasuki sistem limfatik, maka akan lebih cepat bergerak ke organ lain. “Modelnya seperti kabel yang menghubungkan organ dari atas sampai bawah, dan itu artinya kanker payudara harus diwaspadai ya,” pesan dr Doddy.

Pada pasien kanker payudara, pemberian penanganan atau terapi harus sesuai dengan diagnosis stadium, karakteristik dan sel kankernya. dr Bob Andinata SpB(K) Onk dari RS Kanker Dharmais Jakarta beberapa waktu lalu menjelaskan persentase harapan hidup pasien payudara stadium satu dalam waktu lima tahun setelah menjalani perawatan tepat diperkirakan bisa mencapai 100 persen.

“Hampir 100 persen itu ibaratnya tahun ini pasien kanker yang datang 10 orang, maka lima tahun lagi mungkin 10 orang itu masih hidup atau kalau tidak tinggal sisa sembilan,” kata dr Bob kala itu.

Sedangkan pada stadium dua pasien diperkirakan memiliki persentase harapan hidup sebanyak 80-90 persen. Stadium tiga diperkirakan memiliki persentase 50-60 persen, dan pasien stadium empat diperkirakan persentase harapan hidupnya 10-20 persen.

Kanker payudara memang penyakit serius yang butuh penanganan dan ketelatenan pengobatan. Meski kanker payudara mematikan, namun kata Linda Gumelar, jangan sampai diagnosis kanker payudara lantas membuat pasien merasa identik dengan ‘akan segera mati’.

Ingat kawan…

Berikut Tips untuk menghindari kanker payudara :

  1. Rajin olahraga
  2. Pola makan sehat
  3. Stop merokok dan minum alkohol juga
  4. Hindari pemakaian bra yang ketat dan tidak aman.

Jangan lupa bantu dengan cukupi nutrisi tubuh Anda.

Salah satunya dengan Produk MOMENT yang sudah terbukti bisa mencegah sel kanker menyebar ke seluruh tubuh. Selalu sediakan Propolis MOMENT, ABG dan BIOCELL dirumah untuk perlindungan dan terapi Kanker Payudara.

BERIKUT TESTIMONI

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *