Gejala Dan 4 Tips Mencegah Kanker Serviks Dengan Benar

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti Anda menderita kanker serviks.

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. HPV adalah kumpulan jenis virus yang menyebabkan kutil di tangan, kaki, dan alat kelamin. Ada banyak jenis HPV yang sebagian besar adalah virus yang tidak berbahaya. Tapi ada beberapa jenis HPV yang mengganggu sel-sel leher rahim untuk bisa berfungsi secara normal dan akhirnya bisa memicu kanker. HPV sangat umum ditularkan melalui hubungan seks dan dapat menjadi penyebab munculnya kanker serviks.

Gejala kanker serviks ditandai dengan ciri-ciri :

  1. ย Pendarahan yang tidak wajar di miss v
  2. Siklus menstruasi tidak teratur
  3. Nyeri pada panggul dan pinggang
  4. Nyeri saat berhubungan seks
  5. Badan lemas dan mudah lelah
  6. Berat badan menurun
  7. Tidak nafsu makan

Berikut dia tips mencegah kanker serviks :

  • ๐Ÿ’ž Rutin melakukan pemeriksaan pap smear

Pap smear merupakan salah satu cara terbaik sebagai pertahanan pertama untuk mencegah kanker serviks. Metode screening satu ini berfungsi untuk mendeteksi sel-sel dalam leher rahim yang berpotensi menjadi kanker nantinya. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin setiap tiga tahun sekali (tanpa disetai tes HPV), bagi Anda yang berusia 21-30 tahun, sedangkan bagi yang sudah berusia 30 tahun disarankan melakukan pap smear (diserati dengan tes HPV) setiap lima tahun sekali. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

  • ๐Ÿ’ž Mendapatkan vaksinasi HPV

Cara lain yang tidak kalah penting untuk mencegah kanker serviks adalah melakukan vaksinasi HPV. Vaksin HPV adalah salah satu metode pencegahan dengan cara pemberian vaksin yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi yang dapat mencegah Human Papilloma Virus (HPV) menginfeksi sel yang bisa menyebabkan kanker leher rahim dan beberapa jenis kanker lain. Bagi yang sudah menikah harus melakukan pemeriksaan pap smear terlebih dahulu.

  • ๐Ÿ’ž Hidup sehat

Gaya hidup sehat akan jauh lebih baik daripada hidup yang tidak teratur. Selain menjaga kesehatan, memiliki gaya hidup yang sehat akan terhindar dari beberapa penyakit yang akan menyerang tubuh, baik itu penyakit ringan maupun penyakit terberat sekalipun. Melakukan gaya hidup sehat sehari-hari dengan memakan makanan yang sehat kaya akan serat dan vitamin serta melakukan olahraga secara teratur akan dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh dengan memenuhi nutrisi untuk tubuh dengan baik yang mengurangi risiko terserang dari segala penyakit. Tidak bisa dipungkiri bahwa cara mencegah kanker serviks yang cukup penting adalah menjaga kesehatan agar kondisi fisik tidak lemah.

  • ๐Ÿ’ž Merawat daerah kewanitaan

Daerah kewanitaan merupakan organ intim wanita yang sangat penting. Untuk itu, Anda perlu untuk menjaga kebersihannya supaya terhindar dari masalah penyakit kewanitaan. Pembalut biasa wanita saat ini disinyalir menjadi salah satu biang keladi dari penyebab kanker serviks yang muncul pada wanita. Karena itu ganti pembalut yang biasa dengan pebalut softly dari moment.

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi

WA/ SMS / TELP 0812 4917 3330

๐Ÿ”ฅ7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *