Cegah Anemia Dengan Makanan Kaya Zat Besi Berikut Ini

Darah adalah salah satu komponen penting tubuh manusia yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen dan semua nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, tidak mungkin seseorang bertahan hidup dengan kadar darah rendah di sistem tubuh.

Sel darah merah terdiri dari senyawa kimia besi tertentu, yang disebut hemoglobin. Fungsi hemoglobin sendiri adalah membawa oksigen dari jantung ke semua organ tubuh lainnya

Jadi apa bila jumlah hemoglobin rendah, makan tubuh akan menjadi sangat lemah dan tidak aktif karena kekurangan oksigen. Hemoglobin yang rendah juga menandakan Anda terkena anemia.

Berikut beberapa makanan yang wajib dikonsumsi untuk penderita anemia dan mengandung banyak zat besi:

1. Daging

Asupan protein hewani cukup penting untuk pertumbuhan cepat hemoglobin dalam tubuh. Daging seperti daging sapi, kambing, ayam dan hati adalah sumber zat besi yang sangat baik yang diperlukan untuk produksi hemoglobin.

Meski ayam dikatakan sebagai daging tanpa lemak, asupannya tetap bisa memasok tubuh manusia dengan zat besi yang banyak.

2. Buah-Buahan Segar

Semua buah yang memiliki kadar air tinggi seperti jeruk, mangga, dan lemon, memiliki sumber Vitamin C yang sangat penting untuk penyerapan zat besi dalam sel tubuh, sehingga menghasilkan kadar hemoglobin yang cepat.

Stroberi, apel, semangka, jambu biji, dan buah delima juga kaya kandungan zat besi yang bisa langsung meningkatkan jumlah hemoglobin di tubuh seseorang.

3. Seafood

Berbagai jenis makanan laut diperkaya dengan zat besi dan mineral lainnya yang penting untuk pertumbuhan kadar hemoglobin. Tiram merupakan salah satu makanan laut yang biasanya disajikan untuk pasien anemia.

4. Sayuran Segar

Asupan rutin sayuran segar selalu disarankan untuk persediaan besi dan mineral lainnya, serta berbagai jenis vitamin. Kentang, brokoli, tomat, dan labu juga umumnya tersedia untuk menyembuhkan kekurangan zat besi dalam tubuh manusia.

Selain itu bayam dan beberapa sayuran berdaun hijau lainnya juga bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar darah dalam tubuh.

5. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang paling banyak mengandung zat besi, terutama pada bagian kuningnya. Kuning telur diperkaya dengan mineral dan vitamin,dimana semua orang yang mengalami anemia dianjurkan mengkonsumsi makanan yang satu ini.

6. Kacang-kacangan

Anak-anak muda zaman sekarang didorong untuk mengonsumsi kacang mete, kacang tanah, dan kendari untuk memeuhi kebutuhan besi dalam tubuh mereka.

7. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan yang paling digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat, para dokter juga menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi dark chocolate 2 hari sekali untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian.

8.Jeroan

Organ dalam hewan seperti hati, ginjal, otak dan jantung, mengandung zat besi yang tinggi. Bahkan 100 gram hati sapi mengandung 6,5 mg zat besi yang sudah memenuhi 36% asupan harian yang disarankan.

🔥9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *