Cara Sederhana Untuk Mengurangi Nyeri Ambeien Saat Hamil

Wasir alias ambeien adalah pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) di daerah sekitar anus. Peradangan di dalam atau luar anus ini terjadi karena sulitnya proses pembuangan “sampah” metabolisme. Akibatnya, Anda terpaksa mengejan setiap kali buang air besar. Repotnya jika wasir terjadi saat Anda hamil.

Beberapa tanda dan gejala wasir, termasuk:

  1. Gatal atau sensasi panas
  2. Keluar darah berwarna merah terang setelah BAB
  3. Rasa sakit yang tajam dan menusuk dekat anus Anda
  4. Tonjolan atau lapisan kulit ekstra di sekitar anus
  5. Nyeri atau sakit selama atau setelah BAB
  6. Tekanan yang tidak nyaman

Anda bisa lakukan beberapa tips sederhana di bawah ini:

  1. Berendam. Isi bak kamar mandi Anda dengan air hangat dan rendam tubuh Anda selama 10-15 menit setiap hari. Lakukan 2-3 kali sehari.
  2. Minum banyak air dan makan banyak serat untuk menghindari sembelit. Saat sembelit, feses akan mengeras. Tenaga mengejan saat sembelit yang Anda keluarkan akan menambahkan tekanan pada pembuluh darah, membuatnya semakin membengkak dan memerah iritasi. Jangan pula memaksakan mengejan.
  3. Lakukan senam Kegel. Selain membantu menguatkan dinding perineum Anda untuk proses persalinan, Kegel juga memperlancar aliran darah yang bisa meredakan dan mencegah wasir.
  4. Gunakan bantal ‘donat’ sebagai alas duduk. Saat duduk di alas yang rata terasa menyakitkan, coba gunakan bantal yang memiliki lubang di tengahnya untuk memudahkan Anda duduk
  5. Jangan duduk terlalu lama. Posisi duduk semakin memberikan tekanan pada pembuluh darah anus dan rektum Anda. Lebih baik berbaring menyamping atau berdiri saja, kalau Anda bisa. Jika Anda diharuskan duduk, ganti posisi setiap beberapa menit sekali dan bergeraklah sesering mungkin.
  6. Kompres anus Anda dengan es untuk meredakan bengkak.
  7. Gunakan obat ambeien nonresep. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai salep atau krim ambeien, atau tisu basah obat apa yang terbaik untuk kondisi Anda. Walaupun begitu, krim atau salep ambeien tidak berfungsi untuk menyembuhkan wasir. Kandungan obat dalam salep/krim wasir hanya berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan nyeri akibat wasir.
  8. Bersihkan area bokong dan anus menggunakan tisu basah non-parfum setiap kali usai BAB. Keringkan dengan tisu kering yang bersih. Lakukan keduanya dengan gerakan menepuk, jangan menggosok untuk menghindari iritasi.
🔥22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *