Cara Menjaga Kolagen Dalam Tubuh Supaya Tidak Menurun

Demi tampil cantik dan awet muda, tak sedikit wanita yang rela melakukan perawatan mahal bahkan terkesan tak masuk akal. Kehadiran berbagai produk kecantikan juga semakin memudahkan kaum hawa untuk memaksimalkan kecantikan yang dimilikinya. Namun tidak ada produk kecantikan yang benar-benar bisa mengatasi keriput. Yang bisa dilakukan hanyalah memperlambat penuaan dan menyamarkan keriput.

Kolagen termasuk sumber protein yang tidak mudah ditemukan dari sumber bahan pangan. Anda perlu mengkonsumsi jenis-jenis nutrisi tertentu untuk memicu produksi kolagen di dalam tubuh. Nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta protein. Anda bisa mendapatkan asupan beragam jenis vitamin dan protein ini dari makanan segar seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Berikut cara supaya produksi kolagen tidak menurun dan rusak?

Tidak mau terlihat cepat tua? Selain melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh, Anda juga sebaiknya menghindari berbagai hal yang bisa bikin kolagen rusak dan menurun jumlahnya. Apa saja?

1. Berhenti merokok

Masih jadi perokok aktif sampai saat ini? Jika Anda tak mau cepat tua, maka sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk ini. Bukan hanya membuat kesehatan Anda terancam, zat-zat di dalam rokok akan merusak kolagen dan mencegah tubuh untuk memproduksinya.

2. Kurangi makanan dan minuman manis

Meski Anda penggemar makanan manis, sebaiknya batasi kebiasaan ini. Pasalnya, terlalu banyak makan makanan manis bisa membuat kolagen rusak. Jadi, saat kadar gula darah Anda meningkat akibat makan manis, jumlah hormon insulin juga akan naik. Nah, terlalu banyak hormon insulin di dalam tubuh akan menyebabkan tubuh mengalami peradangan pada berbagai jaringan, termasuk jaringan yang memproduksi kolagen.

3. Lindungi diri dari paparan sinar matahari

Mungkin Anda sudah tahu jika terlalu lama terkena sinar matahari akan merusak kulit. Ya, sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan dari sinar matahari ini jadi penyebabnya. Sinar UV dapat merusak kolagen dan berbagai asam amino yang jadi cikal bakal kolagen. Maka itu, sangat penting untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

🔥15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *