Cara Meningkatkan Dan Menurunkan Produksi Kolagen Secara Alami

Kolagen merupakan protein yang ada di tubuh, tepatnya di kulit, tulang, otot dan urat. Senyawa ini berfungsi sebagai perekat seluruh tubuh dan menyumbang pada kekuatan dan struktur tubuh. Pada kulit, kolagen mempengaruhi kekuatan dan struktur kulit. Pergantian sel kulit lama oleh sel kulit baru juga dipengaruhi oleh senyawa protein ini. Pada kalangan muda, kolagen bisa memberikan kelembapan dan membuat kulit elastis.

APA SAJA YANG MEMBUAT PRODUKSI KOLAGEN MERURUN ATAU RUSAK??

Seiring pertambahan usia, produksi kolagen akan menurun. Penurunan ini membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Hasilnya, kulit mengendur serta timbul garis-garis halus dan keriput pada kulit. Penurunan produksi kolagen yang disebabkan oleh usia merupakan hal normal dan akan terjadi pada semua orang. Namun ada hal yang bisa membuat produksi kolagen menurun atau rusak sebelum waktunya, diantaranya adalah :

  • Sinar matahari.
    Kandungan sinar ultraviolet (UV) dalam sinar matahari dapat memecah kolagen dan merusak serat-seratnya. Elastin, protein yang juga membuat kulit elastis dan kencang, juga turut terkena dampaknya. Pemecahan kolagen memicu pertumbuhan elastin dan jumlah elastin yang meningkat memicu produksi enzim pemecah kolagen. Akhirnya kolagen lebih banyak lagi dipecah.
  • Merokok.
    Ribuan bahan kimia yang ada di sebatang rokok bisa merusak kolagen dan elastin. Misalnya nikotin. Zat ini bisa mengurangi aliran oksigen dan nutrisi ke kulit sekaligus membahayakan kesehatan kulit.
  • Mengkonsumsi makanan tinggi gula.
    Ketika mengonsumsi hidangan sangat manis, gula akan tinggi dalam aliran darah Anda. Gula dalam darah ini akan menempel pada protein untuk membentuk molekul baru bernama advanced glycation end products (AGEs). Molekul ini bisa merusak protein-protein lain di dekatnya dan kolagen.
  • Ekspresi wajah.
    Semua orang pasti sering mengekspresikan suasana hatinya dengan tertawa, cemberut, atau menyipitkan mata. Sayangnya, hal ini bisa membuat kolagen stres dan lama-kelamaan garis-garis halus atau keriput bisa muncul di kulit wajah.

CARA MENINGKATKAN KOLAGEN SECARA ALAMI

1. Mengurangi Efek Eksternal

Pertama, lindungi kulit dan cadangan kolagen yang sudah ada dalam tubuh. Salah satu alasan utama mengapa kulit kehilangan kolagen adalah karena efek berbahaya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari berlebih akan memicu penipisan kolagen dan menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Membatasi paparan sinar matahari dan menutup kulit dengan pakaian yang tepat merupakan suatu keharusan. Lebih lanjut, menggunakan sun block dan sun screen juga merupakan cara lain untuk mencegah efek berbahaya sinar UV dan UVB.

Seiring dengan itu, mengikuti rutinitas perawatan kulit akan memastikan bahwa kesehatan kulit tetap terjaga. Perawatan tersebut termasuk melakukan cleansing, toning, moisturizing, dan exfoliating wajah dan leher secara rutin.

2. Banyak konsumsi vitamin A

Menurut University of Maryland Medical Center, memperbanyak asupan vitamin A dapat merangsang kolagen alami tubuh. Vitamin A merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir. Makanan kaya vitamin A misalnya daging sapi, hati, telur, susu dan sayuran hijau berdaun gelap.

3. Banyak konsumsi vitamin C

Tambahkan lebih banyak vitamin C dalam menu harian Anda. Mayo Clinic menyatakan bahwa studi menunjukkan makanan yang kaya vitamin C mempromosikan kulit tampak sehat, karena vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen. Perbanyak makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda.

4. Banyak konsumsi makanan yang mengandung AHA

Alpha-Hydroxy Acid (AHA) bertanggung jawab untuk mencabut sel-sel kulit tua yang mungkin menempel pada lapisan atas kulit. Bila tidak dibersihkan, sel-sel kulit tua dapat membuat kulit tampak tua.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Dermatology di Cleveland Clinic Foundation menyimpulkan bahwa AHA membantu mengurangi munculnya keriput dan penuaan kulit.

Buah-buahan seperti jeruk, nanas, anggur dan jeruk, serta asam laktat yang ditemukan dalam susu semuanya mengandung AHA.

5. Minum banyak air putih

Air putih diperlukan untuk pertumbuhan kulit yang sehat. Setidaknya minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat.

6. Gunakan tabir surya

Kulit yang tidak menggunakan tabir surya akan cepat rusak terpapar sinar matahari. Kulit yang rusak tidak dapat menghasilkan kolagen, sehingga melindungi kulit dari efek berbahaya matahari akan menjaga kulit sehat dan meningkatkan pertumbuhan.

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *