Cara Mengobati Biduran Dengan 9 Bahan Tradisional

Biduran adalah kondisi saat kulit terasa gatal dengan bentol merah yang melebar dan menyebar pada kulit. Dalam bahasa medis disebut dengan urtikaria, kondisi ini dapat menyerang bagian wajah, badan, lengan, atau kaki. Anda terkadang tidak menyadari saat tiba-tiba merasa gatal di kulit, ternyata, eh, ternyata terkena biduran. Lantas, apa saja penyebab biduran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Berbagai penyebab biduran yang sering luput dari perhatian

Biduran biasanya muncul saat adanya reaksi alergi terhadap beberapa pemicu, seperti hewan peliharaan, serbuk sari, atau lateks. Saat terkena zat alergen, tubuh melepaskan histamin dan bahan kimia ke dalam darah sehingga menyebabkan gatal, bengkak, dan gejala lainnya.

Bagaimana Cara Mengatasi / Mengobati Biduran

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mengobati biduran dengan menggunakan bahan-bahan alami :

1. Daun Sirih

Yang pertama adalah daun sirih. Bahan alami yang satu ini terbilang ampuh dalam mengobati biduran dan caranya pun tergolong mudah untuk dilakukan. Hanya dengan mengumpulkan daun sirih sebanyak 20 lembar, rebuslah semuanya lalu kemudian tunggu sampai mendidih. Setelah matang, saringlah sebelum ramuan tersebut bisa diminum untuk menyembuhkan biduran dari dalam. Daun sirih adalah bahan alami efektif yang juga pada umumnya diandalkan sebagai cara menghilangkan bau badan secara natural.

2. Air Kelapa Hijau

Untuk menghilangkan racun di tubuh kita, air kelapa hijau benar-benar baik dan sudah terbukti sangat efektif. Tapi ada kegunaan lain dari air kelapa hijau yang tak boleh dilupakan, yaitu mengatasi biduran yang disebabkan oleh alergi makanan. Pernah mengalaminya dan begitu mengganggu? Jika sampai terkena biduran lagi, jangan ragu untuk memilih air kelapa hijau segar untuk dikonsumsi berturut-turut selama 3 hari agar proses kesembuhan lebih cepat. Air kelapa hijau cukup mudah didapat sehingga kamu tak perlu bingung.

3. Leunca

Leunca merupakan sebuah tanaman yang banyak manfaat baiknya bagi kesehatan, termasuk diketahui pula sangat baik dalam membantu menyembuhkan biduran. Hanya dengan mendapatkan tanaman yang telah terpisahkan dari akarnya, kita kemudian dapat menumbuknya untuk mulai meramu obat biduran. Balurkan ramuan ke kulit sampai warnanya menjadi hijau, dan pengobatan ini dapat dilaksanakan sehari 3 kali sampai biduran membaik dan memudar. Pengobatan rutin tentu akan membawa hasil yang jauh lebih baik.

4.Kompres Dingin

Iritasi kulit pada waktu terkena biduran bisa diatasi dengan sederhana dan terkadang dikompres dingin pun sudah termasuk cukup. Rasa gatal akan berkurang ketika dikompres dingin, caranya hanya dengan menyiapkan waslap yang dibasahi air dingin lalu waslap dapat ditempelkan ke permukaan kulit. Tunggu sampai rasa gatal itu hilang secara bertahap.

5. Kantong Es

Cara lain yang masih ada hubungannya dengan kompres dingin adalah menggunakan kantong es di mana sebuah kantong bisa diisi dengan es batu. Jika ingin lebih dingin, es batu dapat menjadi solusi di mana setelah itu kita dapat menggunakan handuk untuk membalutnya agar es tak langsung tertempel ke kulit kita. Bila ada bisa gunakan kantong es, tapi kalau tak punya bisa juga memanfaatkan sekantong sayuran dan es, bisa ditempel kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya bisa dilepaskan.

6. Cuka Beras Hitam dan Jahe

Cuka beras hitam yang diramu bersama dengan jahe akan mampu mengatasi biduran, yaitu dengan menyiapkan cuka beras hitam sebanyak 100cc, lalu ditambah dengan jahe 30 gram. Pastikan juga kita menyiapkan gula merah secukupnya. Jahe bisa ditumbuk lebih dulu sampai benar-benar halus dan selanjutnya dapat direbus dengan bahan lainnya. Ketika sudah matang atau mendidih, tunggu sampai dingin, baru ramuan alami ini bisa dikonsumsi sehari 2 kali setiap hari hingga biduran membaik.

7. Temulawak dan Buah Asam

Mengobati biduran juga bisa dengan buah asam yang dicampur dengan temulawak karena keduanya adalah bahan alami luar biasa dengan segudang fungsi untuk kesehatan. Maka sediakan temulawak 15 gram serta buah asam secukupnya, ditambah dengan gula aren sebagai pelengkap. Semua bahan dapat direbus secara bersamaan dengan air 2 gelas saja dan ditunggu sampai tersisa setengahnya.

Tunggulah dulu sampai air rebusan sudah tidak panas baru kemudian bisa disaring. Ramuan kemudian dapat diminum sehingga biduran dapat diobati dengan baik. Apabila masih kurang manis dengan gula aren, tak ada salahnya jika ingin menambahkan madu sedikit supaya rasanya menjadi lebih nikmat.

8. Minyak Zaitun dan Minyak Kayu Putih

Obat biduran yang pastinya juga ampuh dan layak dicoba adalah gabungan antara minyak kayu putih dengan minyak zaitun di mana cukup disediakan 1 sendok makan masing-masing bahan. Untuk tambahan, kita juga bisa ambil menthol kristal dengan takaran yang sama. Baru setelah itu semua bahan dapat diaduk sampai rata bersama-sama. Setelah jadi, bagian kulit yang terkena biduran dapat dioles dengan ramuan ini; bila dilakukan secara teratur dipastikan hasil penyembuhan bakal maksimal.

9. Daun Jombang

Pernah mendengar nama daun jombang? Rupanya daun ini sungguh bermanfaat untuk yang tengah menderita karena biduran. Hanya tinggal menyiapkan daun jombang sebanyak 30 gram lalu direbus bersama air 400 cc, tunggulah hingga sisanya cuma tinggal setengahnya, biarkan hangat baru bisa dikonsumsi. Untuk aturan konsumsinya sendiri, bisa dilakukan setiap hari supaya hasil terbaik didapatkan segera.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau mengobati biduran dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Demikianlah artikel mengenai biduran serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat serta bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Terima kasih sudah membaca.

🔥157

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *