Bedak Dingin Khusus Untuk Wajah Berjerawat

Di tengah-tengah kemajuan ilmu kedokteran untuk kecantikan kulit wajah, ada kecenderungan diantara masyarakat kita, terutama yang tinggal di kota besar, untuk meninggalkan perawatan tradisional. Salah satu yang mulai ditinggalkan adalah bedak dingin, yaitu perawatan tradisional yang berkhasiat untuk membuat kulit wajah tetap lembab. Walaupun sebenarnya di kota kecil atau bahkan di daerah-daerah, masih banyak orang yang percaya akan khasiat perawatan tradisional ini.

Bedak dingin yang berbahan dasar beras ini mengandung vitamin B dan tiamin yang memang banyak terdapat dalam beras dan dipercaya mampu mempertahankan kelembaban dan kesegaran kulit wajah, serta melindungi dari serangan sinar matahari yang terik dan menyengat.

Pembuatan bedak dingin secara tradisional adalah dengan cara menggiling bahan-bahan segar seperti daun, biji, atau kandungan herbal lainnya sampai halus, dengan sedikit bantuan air matang. Rempah-rempah yang telah dihaluskan itu kemudian dicampur dengan tepung beras, dan diaduk hingga menjadi semacam pasta untuk kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil.

Tapi di jaman sekarang ini, pembuatan bedak dingin telah banyak mengalami perkembangan. Menurut Dra. W. Widyastuti W, Aptk, pakar yang telah berkecimpung di dunia kosmetika selama 20 tahun, pembuatan bedak dingin di pabrik-pabrik besar telah menggunakan bahan-bahan kering yang digiling dan diayak halus lalu dicampur dengan tepung beras. Akan tetapi kalau Anda memiliki waktu, ada baiknya membuat sendiri bedak dingin ini di rumah. Karena bila membeli bentuk jadi yang ada di pasaran, ada kemungkinan proses pembuatan tepung berasnya tidak alami, sehingga mengurangi khasiat bedak dingin tersebut.

Khasiat Bedak Dingin

Ada beberapa jenis bedak dingin, tergantung dari manfaat serta kandungan didalamnya. Beberapa diantaranya adalah :

1. Bedak Jeruk Sari

Bedak jeruk sari adalah bedak dingin yang mengandung bahan-bahan untuk mencegah penuaan dini sehingga kulit tidak mudah keriput dan mengalami noda-noda hitam. Juga dapat digunakan untuk mencerahkan wajah.

Bahan dasar bedak sama dengan bedak dingin lainnya, hanya ditambah dengan sari pinang muda seberat 3-5 gram untuk setiap 1 kilogram tepung beras. Asam galat yang terkandung di dalam pinang muda ini berfungsi sebagai tabir surya bagi kulit muka dan polifenol yang juga ada di kandungannya berfungsi sebagai antioksidan.

2. Bedak Jerawat

Bedak dingin khusus untuk mengobati jerawat dengan penambahan rempah-rempah seperti temulawak yang dapat mengurangi jerawat batu (sebum) dan melancarkan peredaran darah serta meredakan infeksi, pegagan (Cantella Asiatica) yang digunakan untuk anti selulit dan memacu peredaran darah perifer, serta daun ketepeng untuk mengatasi luka-luka pada kulit akibat kuman atau jamur.

3. Bedak Campuran Jeruk Peras

Apabila bedak dingin ditambah dengan perasan jeruk peras, vitamin C dalam jeruk dapat mengurangi kadar minyak di wajah sekaligus menjaga kekenyalan dan kelembaban kulit. Namun, jangan gunakan jeruk nipis kecuali jika kulit Anda sangat berminyak, karena jeruk nipis mengandung kadar asiditas yang lebih tinggi dibandingkan jeruk peras pada umumnya. Kandungan sari pati beras dalam bedak dingin sangat baik untuk mengurangi flek, mencerahkan, dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Cara Memakai Bedak Dingin

Bedak dingin biasanya digunakan pada pagi atau sore hari. Cara pemakaiannya adalah; bersihkan wajah dengan air hangat. Keringkan dengan handuk lembut. Ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan untuk dilumatkan dengan air tawar atau air dingin. Oleskan pada wajah dan leher sampai mengering. Dan, ratakan agar tidak terkesan coreng moreng. Jika Anda akan bepergian, sebaiknya ditipiskan atau disamarkan dengan bedak agar terlihat rata.

🔥25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *