9 Tips Mudah Mengambil Bentuk Tubuh Setelah Melahirkan

Kehamilan bisa menjadi masa menyenangkan bagi wanita apalgi setelah si kecil sudah lahir dengan selamat. Namun, ada satu sisa kehamilan yang sering membuat wanita bingung, yakni bertambahnya berat badan setelah melahirkan. Mengembalikan bentuk tubuh seperti semula membutuhkan kesabaran ekstra. Ada baiknya beri waktu bagi tubuh Anda untuk bisa pulih sepenuhnya.

Berikut 9 tips mudah bagi kita untuk mengambil bentuk tubuh setelah melahirkan :

1. langkah pertama

Tubuh kita tidak seperti perubahan bagian mobil yang dapat berubah, itu akan kembali ke bentuk asli, tapi butuh waktu. Rahim membutuhkan enam sampai delapan minggu untuk menyusut ke dalam bentuk asli. Bahkan tubuh membutuhkan setidaknya satu bulan untuk mendapatkan air keluar.

Namun, proses ini tidak menjanjikan bentuk asli. Tapi Anda perlu tahu sebagai pemaksa bagi anda untuk mendapatkan bentuk tubuh asli anda.

2. istirahat yang cukup

Kunci utama untuk tubuh kembali ke bentuk asli adalah dengan istirahat yang cukup.

Hal ini karena cukup istirahat akan membantu metabolisme tubuh menjadi seimbang dan mengurangi keinginan untuk gula makanan tinggi dan kalori tinggi.

 3. Menyusui

Ini adalah ide baik dan mudah untuk mendapatkan bentuk tubuh awal Anda. Produksi air susu ibu (ASI) membutuhkan energi tinggi dan sebagian besar kalori dari asupan Anda akan digunakan untuk proses ini.

4. Minum cukup air

Untuk mengurangi berat badan setelah melahirkan, Anda harus tetap terhidrasi dengan baik. Air akan memberi perut Anda rasa kenyang lebih lama serta menjauhkan Anda dari makanan yang membuat gemuk.

5. Diet sehat

Sertakan makanan sehat dalam menu sehari-hari Anda. Perbanyaklah makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat sedang, dan rendah lemak. Jangan melakukan diet yang sangat ketat jika Anda sedang menyusui.

6. Olahraga

Sebelumnya pastikan bahwa kondisi Anda sudah pulih sepenuhnya, melalui medical check up. Mulailah melakukan olahraga ringan lalu bertahap melakukan olahraga yang biasa dilakukan sebelum hamil.

7. Gerakkan tubuh

Setelah melahirkan, wanita memang membutuhkan istirahat total. Tapi setelah pulih, melakukan beragam aktivitas seperti pekerjaan rumah akan membantu Anda mendapatkan kembali bentuk tubuh sebelum kehamilan.

8. Perhatikan asupan kalori

Makan beberapa kali sehari bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar Anda. Jika ingin ngemil, pilihlah makanan ringan yang sehat dan menyegarkan, misalnya buah kering.

9. Bersabar

Banyak wanita berpikir menurunkan berat badan pasca melahirkan hanya terjadi dalam waktu singkat. Justru hal ini terkadang akan membuat Anda stres atau bahkan mencoba berbagai cara menurunkan berat badan yang justru berbahaya. Jadi, penting bagi Anda untuk bersabar karena segala sesuatunya membutuhkan proses.

🔥63

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *