9 Ciri-ciri Anak Hiperaktif Dan Cara Menanganinnya

Sebagian orang tua tidak ingin anaknya mengalami hal yang mungkin dianggap tidak normal atau tidak serupa dengan anak seusianya. Semua orang tua menginginkan anak yang terbaik dan bisa tumbuh dan berkembang hingga dewasa. Namun Tuhan terkadang memberikan anugerah pada beberapa anak. Salah satunya adalah sikap hiperaktif yang mungkin membuat anak tersebut berbeda dengan anak lainnya.

Apa itu hiperaktif ? Anak hiperaktif yaitu anak yang memiliki sikap aktif atau sikap yang tidak tenang dan aktif melebihi sikap anak normal.

Adapun Ciri-Ciri Anak Hiperaktif adalah :

1). Tidak Mudah Lelah

Mereka cenderung tidak mudah lelah dan terus mencari kegiatan untuk menyibukan dirinya. Cara mengatasinya adalah dengan memilihkan kegiatan sesuai minatnya sehingga keinginannya tersalurkan ke arah yang positif.

2). Sering Menyela Pembicaraan

Mereka senang menjadi pusat perhatian dan juga senang menyela pembicaraan yang sedang dilakukan orang lain. Mereka juga senang memperkeras suara mereka dan ingin didengar. cara mengatasinya adalah dengan memberi contoh kembali pada anak tersebut bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar.

3). Tidak Bisa Tenang

Tidak bisa tenang mungkin ciri selanjutnya yang bisa kita kenali dari anak-anak hiperaktif. Dimana mereka selalu mencari hal yang menurut mereka menarik dan tidak bisa duduk manis dalam satu kegiatan. Hiperaktif sama saja dengan super aktif yang mengartikan tenang bukanlah salah satu sikap yang mereka miliki.

4). Tidak Suka berteman Banyak

Ciri-Ciri Anak Hiperaktif lainnya adalah termasuk anak yang tidak memiliki teman yang banyak. Anak hiperaktif cenderung berlaku sesuai hati mereka, Penderita juga tidak senang diperintah atau berkompromi dan bekerja sama. Mereka lebih senang dengan dunianya sendiri dan melakukan apa yang mereka mau. Terutama karena mereka lebih agresif rata-rata anak seusianya tidak suka bermain dengan mereka karena rasa takut atau sulitnya berbaur.

5). Tidak Sabar

Anak-anak hiperaktif sulit untuk menunggu karena mereka memiliki rasa bosan yang luar biasa tinggi. Jika sudah bosan maka mereka akan mencari cara untuk menyibukan diri mulai dari menarik perhatian anda hingga melakukan hal yang berbahaya jika tidak dihentikan.

6). Suka Melawan

Mungkin beberapa anak ada yang memiliki karakter atau perangai yang buruk. Namun sayangnya ciri anak hiperaktif pun suka melawan dan tidak suka diperintah. Hal ini karena mereka memiliki perkembangan otak yang terhambat dan mereka merasa hidup di dunia sendiri.

7). Sulit Fokus

Kesulitan fokus merupakan poin utama dalam mendeteksi anak hiperaktif. Dimana fokus merupakan gangguan utama dari anak-anak penderita penyakit ini. Fokus masih bisa dilakukan pada anak aktif, jika mereka memiliki perkembangan yang normal. Mereka menyukai hal-hal yang menurut mereka menarik dan duduk manis memperhatikannya atau bermain. Tidak dengan anak hiperaktif, karena mereka cenderung memilih untuk menggerakan tubuh mereka.

8). Menyukai Hal Terlalu Atraktif

Semakin menantang atau semakin berbahaya menurut anak hiperaktif semakin menarik. Dimana mereka yang senang menggunakan hal-hal yang berbahaya kemungkinan menderita hiperaktif. Menurut mereka hal yang menantang atau berbahaya merupakan hal menarik dan tidak membosankan. Karena faktor inilah anda harus mengawasi anak anda secara ekstra.

9). Peduli pada Diri Sendiri

Anak hiperaktif lebih mempedulikan diri sendiri. Kesenangan mereka adalah segalanya sehingga apa yang mereka lakukan terkadang diluar batas untuk menyenangkan hati mereka. Selain itu anak hiperaktif tidak peduli pada area sekitarnya. Mereka tidak berpikir dampak atau efek jika melakukan A atau tidak melakukan B. Menurut mereka hidup hanya untuk mereka sendiri.

🔥11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *