8 Sayuran Yang Baik Untuk Menu Diet Sehat

Salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak aneka jenis sayuran yang terkenal karena kandungan vitamin, mineral dan umumnya rendah kalori, sehingga sayuran menjadi asupan terbaik untuk menu diet anda setiap hari.

Sayuran tidak hanya sangat membantu dalam program diet, namun juga memberikan berbagai manfaat lain untuk menjaga kesehatan dan juga mengatasi berbagai penyakit. Sayuran akan membuat peredaran darah menjadi lancar, meningkatkan kinerja sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan detoksifikasi dan berbagai manfaat lain yang bisa didapat dengan mengkonsumsi jenis sayuran.

Dengan begitu banyak manfaat dari aneka jenis sayuran, maka mengkonsumsi sayuran akan membuat proses penurunan berat badan anda berjalan dengan baik

Bingung memilih sayur yang bagus untuk diet? Pada dasarnya semua jenis sayuran baik untuk menu diet. Namun, apabila Anda ingin diet yang lebih sehat dan berhasil menurunkan berat badan, lengkapi menu makanan Anda dengan sayur-sayuran yang direkomendasikan.

 

Macam Sayur yang Bagus untuk Diet

1. Mentimun

Sayuran yang terasa segar ketika digigit ini menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk melengkapi diet Anda. Kandungan air dan serat pada mentimun tergolong cukup banyak, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda bisa meninggalkan kebiasaan ngemil secara bertahap.

Mentimun adalah sayuran rendah kalori yang sangat cocok untuk diet menurunkan berat badan. Adapun kandungan vitamin dan nutrisi di dalam mentimun meliputi Vitamin B, Vitamin C, Flavonoid, Polifenol, Kalsium, Protein, dan Gluthatione.

2. Bayam

Bayam memang merupakan sayuran yang dapat menambah energi. Energi yang Anda peroleh merupakan hasil pembakaran kalori yang disebabkan oleh suatu zat yang terdapat di dalam bayam. Zat tersebut dikenal sebagai thylakoid yang diklaim dapat mengurangi rasa lapar sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

3. Paprika

Meskipun tampilannya seperti buah-buahan, tetapi paprika lebih dikenal dalam golongan sayur. Paprika adalah sayur yang bagus untuk diet karena di dalamnya terdapat zat yang dapat mempercepat proses metabolisme tubuh sehingga nutrisi bisa segera diubah menjadi energi. Siapa sangka jika paprika yang memiliki rasa pedas ini juga ternyata mengandung sejumlah besar Vitamin C.

Konsumsi sayuran yang kaya Vitamin C seperti paprika ini dapat mencegah tubuh memproduksi hormon stres yang juga berpengaruh terhadap penyimpanan lemak di dalam tubuh. Kombinasikan paprika ini di dalam salad atau makanan yang Anda buat. Paprika sangat cocok ditambahkan dalam makanan yang ditumis.

4. Brokoli

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran hijau yang satu ini kaya manfaat. Brokoli mengandung sulforafan yang dapat meningkatkan kadar hormon testosteron. Nah, apa hubungannya hormon ini dengan diet Anda? Hormon testosteron dapat menurunkan kadar lemak di dalam tubuh.

Tak cukup sampai di situ saja, brokoli juga kaya Vitamin C untuk mengurangi hormon kortisol, hormon yang dapat meningkatkan penumpukan lemak di area perut. Cara terbaik mengonsumsi brokoli adalah dengan merebusnya tanpa tambahan bumbu apa pun. Jika belum terbiasa, Anda bisa menumis brokoli dengan olive oil dan sedikit bawang putih agar rasanya jadi lebih sedap.

5. Selada

Bila Anda adalah penikmat salad sayur dan buah, maka Anda pasti sudah familiar dengan sayuran yang satu ini. Selada adalah sayuran yang tepat untuk melengkapi program diet yang sedang Anda jalani. Sayuran segar ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi, vitamin, mineral, dan magnesium.

Selada merupakan sayuran yang tinggi serat, sehingga ketika Anda menyantap semangkuk selada, maka Anda bisa memperoleh rasa kenyang yang lebih lama. Selada bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah, seperti membuatnya sebagai salah satu bahan membuat salad. Namun, Anda pun bisa mengonsumsi selada ini dengan mengolahnya menjadi sup atau masakan lainnya.

6. Kubis

Sama seperti mentimun, sayur yang bagus untuk diet ini juga sering dijadikan sebagai lalapan. Adalah kubis yang termasuk sayuran hijau yang akan membuat menu diet Anda jadi lebih sehat. Selain kubis hijau, ada juga kubis ungu yang sama-sama baik dikonsumsi saat diet.

Kubis tergolong sayuran dengan kandungan air dan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat di dalam kubis inilah yang membuat Anda bisa kenyang lebih lama. Yang paling penting, kubis adalah sayuran yang tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga dapat dipastikan bahwa sayuran yang satu ini benar-benar sehat dan aman untuk segala jenis diet yang Anda lakukan.

7. Asparagus

Tak banyak yang mengetahui bahwa asparagus termasuk sayuran yang bisa mendukung diet sehat Anda. Asparagus mengandung asam amino yang cukup tinggi. Kandungan asam amino inilah yang berperan sebagai diuretik untuk mengeluarkan cairan berlebih di dalam tubuh, termasuk lemak yang memiliki tekstur cair.

Sayuran yang satu ini memiliki kandungan kalori yang terbilang rendah, sehingga cocok sekali untuk melengkapi diet rendah kalori. Asparagus bisa dimasak menjadi sup atau dipanggang.

8. Wortel

Wortel adalah sayuran yang umum dan bisa ditemukan di mana saja. Keunggulan wortel dibanding sejumlah sayuran lainnya adalah mudah dimasak menjadi berbagai jenis makanan. Mau masak sup, membuat jus segar, atau mau merebus wortel tanpa dimasak pun rasanya tetap enak.

Wortel mengandung beta karoten dan serat yang dapat melancarkan pencernaan sehingga lemak lebih cepat keluar tanpa sempat diubah menjadi daging. Kandungan Vitamin A di dalam wortel dapat mengurangi sel lemak di dalam tubuh guna mengurangi obesitas.

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *