8 Penyebab Timbul Ketombe Membandel

Walaupun banyak sekali sampo anti ketombe yang dijual di pasaran, masih banyak yang merasa belum puas dengan hasil yang diberikan oleh sampo anti ketombe karena masih banyak ketombe yang tersisa. Apalagi jika sampo tidak cocok dengan kulit kepala kita, malah akan semakin membuat ketombe menjadi lebih banyak. Maka dari itu penggunaan bahan alami menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda.

Apa itu ketombe?
Ketombe adalah keadaan dimana kulit dibagian kepala mati dan mengering. Wajar saja sebenarnya ada kulit kepala yang mati dan mengelupas. Namun pada beberapa orang, masalah ini menjadi semakin parah dan menyebabkan kepala terasa gatal.

Ketombe yang menyebabkan gatal di kepala membuat kita sering menggaruk kepala. Selan itu munculnya ketombe juga dapat menyebabkan masalah lain pada kepala kita, misalnya rambut mudah rontok dan rambut menjadi kering. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe membandel?

Kemunculan ketombe biasanya ditandai dengan pengelupasan kulit di kepala. Kondisi ini tergolong normal, namun bisa menjadi masalah jika produksi ketombe menjadi di luar kendali, gatal, dan makin banyak. Banyaknya ketombe dapat menandakan terjadinya peradangan pada kulit kepala.

Tidak hanya mengganggu kesehatan kulit kepala, ketombe dapat menyebabkan merah dan gatal pada kulit di sekitar wajah dan telinga. Beberapa hal di bawah ini dapat menyebabkan ketombe, antara lain:

  1. Jarang keramas. Jarang keramas atau mencuci rambut tentu akan membuat kulit kepala yang mati dan kering menumpuk dan menyebabkan ketombe.
  2. Terlalu sering keramas. Sebaliknya, terlalu sering keramas atau mencuci rambut akan membuat rambut tidak memiliki waktu untuk membuat memproduksi minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.
  3. Kulit kering. Hal ini menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa pada kulit tangan dan kaki.
  4. Produk shampoo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala. Memilih produk shampoo dan conditioner yang tepat bagi kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.
  5. Infeksi jamur malassezia. Jamur malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamu ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga berketombe.
  6. Jika Anda sudah mencoba bermacam-macam shampoo anti-ketombe namun tidak juga merasakan hasilnya, tidak ada salahnya Anda mencoba cara menghilangkan ketombe secara alamiAdanya kelompok jamur tertentu bernama Malassezia, biasa berkembang biak di kulit kepala orang dewasa.
  7. Dalam banyak kasus, ketombe disebabkan oleh kulit berminyak yang mengalami iritasi yang dikenal dengan dermatitis seboroik.
  8. Pemakaian produk perawatan rambut yang justru mengiritasi kulit kepala. Pada kulit kepala yang sensitif terhadap produk-produk perawatan rambut tertentu dapat mengakibatkan dermatitis kontak.
🔥3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *