8 Penyebab Kulit Kering Yang Wajib Anda Ketahui

Kulit Anda kering, kusam, dan mudah gatal? Jangan abaikan keadaan tersebut. Segera cari tahu penyebab kulit kering agar kondisi kulit sehat Anda dapat dikembalikan.

Masalah kulit kering kerap dialami banyak orang. Beberapa bagian kulit tubuh yang mudah kering adalah tangan, lengan, dan kaki bagian bawah. Sayangnya, gejala kulit kering yang tidak terlalu jelas membuat orang tidak menyadarinya.

Gejala paling sering adalah rasa kencang atau gatal yang tidak disertai peradangan. Hal ini terjadi karena kulit kering cenderung tidak elastis. Saat tubuh bergerak, permukaan kulit akan “retak” dan menimbulkan sensasi gatal. Berikut beberapa faktor penyebab kulit kering yang patut Anda ketahui.

Berikut Faktor Penyebab Kulit Kering

Penyakit tertentu dapat mempengaruhi kulit secara signifikan, namun biasanya kulit kering disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti:

  1. Cuaca: Pada musim dingin, saat suhu dan kadar kelembapan menurun, kulit berada dalam kondisi yang paling kering. Namun, kondisi ini juga dapat terjadi di daerah padang pasir, di mana suhu sangat tinggi, namun kelembapan tetap rendah.
  2. Panas: Beberapa kasus seperti central heating, kompor pembakar kayu, space heater dan perapian dapat menurunkan kelembapan dan membuat kulit kering.
  3. Berendam dan mandi air panas: dapat membuat kulit kering jika Anda mandi terlalu lama. Selain itu, jika Anda sering berenang, terutama pada kolam dengan klorin yang tinggi.
  4. Sabun dan deterjen yang keras: memiliki kandungan yang menghilangkan kelembapan pada kulit. Deodoran dan sabun antibakteri juga keras untuk kulit Anda. Beberapa shampoo juga dapat mengeringkan kulit kepala.
  5. Paparan sinar matahari: Matahari membuat kulit Anda kering, serta sinar ultraviolet (UV) masuk ke dalam lapisan kulit. Kerusakan yang paling signifikan terjadi lebih dalam, menyebabkan kerutan dan kulit yang kendur.
  6. Terlalu sering menggosok tubuh (scrubbing) saat mandi malah membuat permukaan kulit menjadi rusak. Penggunaan alat bantu mandi seperti batu apung, spons kasar, atau bahan kasar lainnya memang membuat kulit terasa lebih bersih. Namun, sebaiknya hanya gunakan tangan atau lap lembut untuk membersihkan tubuh.
  7. Gesekan berlebihan antara tubuh dan handuk membuat permukaan kulit menjadi kering. Setelah mandi, mayoritas orang terbiasa mengeringkan tubuh dengan cara menggosok-gosokkan handuk pada seluruh bagian tubuh. Mengeringkan tubuh dengan menepuk-nepuk handuk secara lembut dapat menjaga kelembapan kulit Anda. jangan lupa gunakan produk pelembap untuk mempertahankan kelembapan kulit Anda sepanjang hari.
  8. Kondisi kulit lainnya: seperti dermatitis atopick (eksim) atau kondisi kulit yang ditandai dengan penumpukkan sel kulit mati yang kasar dan kering yang membentuk sisik yang tebal (psoriasis) rawan terhadap kulit kering.
🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *