8 Kebiasaan Untuk Cara Mengatasi Rambut Kering

Sesungguhnya rambut yang kering dan rusak ini timbul karena kebiasaan yang sering dilakukan tanpa sadar dan terus berulang oleh kita sendiri. Tapi tenang, tidak ada masalah yang tidak bisa kamu selesaikan selama mau berusaha. Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut rusak yang mungkin dialami oleh banyak orang (temasuk kamu), yuk kebiasaan yang tanpa anda sadari membuat rambut kering berikut ini.

8 Kebiasaan Untuk Cara Mengatasi Rambut Kering

1. Membersihkan Rambut Dengan Rutin

Keramas adalah hal sangat penting untuk dilakukan dengan tujuan menjaga selalu kesehatan rambut kita semua. Rambut yang sehat akan terasa lembut dan tidak kering. Jika sampo cocok, tapi jika produknya tidak cocok dengan rambut dan kulit kepala. Maka akan membuat rambutmu semakin sehat, melainkan rusak karena terpapar bahan kimia dari produk sampo yang kamu gunakan.

Cobalah untuk keramas sebanyak 3 kali dalam seminggu, atau setiap 2 hari sekali. Untuk jenis samponya, kamu bisa mengonsultasikannya dengan dokter.

2. Menghindari Menggosok Rambut

Kegiatan menggosok rambut dengan handuk dapat menyebabkan gesekan yang keras pada rambut akan membuat rambut lama kelamaan menjadi rusak.

3. Menyisir Rambut Dengan Benar

Menyisir rambut harus dilakukan dengan benar agar rambut tetap rapih dan tidak kusut. Kita dapat menggunakan jenis sisir bergigi lebar.

4. Mengurangi Pemakaian Hair Dryer

Mengeringkan rambut lebih baik menggunakan cara alami seperti dengan cara dikipasi atau diangin-anginkan. Penggunaan hair dryer yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut kering, bercabang dan rusak. Apabila jika kamu melakukannya saat rambut dalam kondisi masih basah setelah keramas. Metode pengeringan rambut yang paling dianjurkan adalah dengan membiarkannya kering dengan sendirinya tanpa bantuan hairdryer. Karena menggunakan hair dryer ada baiknya gunakan vitamin rambut agar rambut lebih terlindungi.

5. Memotong Rambut Dengan Rutin

Cara lainnya adalah dengan memotong rambut secara rutin, terutama memotong bagian bawah rambut yang akan lebih mudah bercabang. Karena dengan kebiasaan memotong rambut juga dapat meminimalisir keadaan rambut yang kering.

6. Memakai Kondisioner Rambut

Untuk menjaga kelembapan rambut, ada baiknya untuk selalu menggunakan kondisioner setelah keramas. Karena kondisioner rambut dapat membantu menghaluskan dan melembutkan rambut sehingga terhindar dari rambut kering. Jika kamu memiliki rambut yang lembap, maka kecil kemungkinan rambut akan pecah dan kering. Selain itu, kondisioner ini juga akan melindungi kamu dari paparan sinar matahari, kan?

7. Menutup Rambut

Kita semua sudah paham kalau lingkungan udara di sekitar, terutama bagi yang tinggal di Perkotaan, mengandung polusi yang sangat tinggi akibat banyaknya asap kendaraan dan kurangnya penghijauan. Maka, ada baiknya untuk menggunakan penutup rambut atau kepala saat beraktivitas khususnya di jalanan. Kamu bisa menggunakan topi atau kain sebagai pelindung rambut dari polusi udara. Agar terhindar dari paparan sinar matahari dan juga polusi udara yang dapat kapan saja menempel di rambut. Karena bila rambut tidak kotor dan tentunya terhindar dari bau asap jalanan yang tentunya sangat mengganggu dan membuat kamu jadi tidak percaya diri, kan?

8. Menghindari Styling Rambut

Nah, ini dia yang sering diabaikan oleh banyak orang. Mewarnai rambut dan styling rambut dengan berbagai macam warna yang diinginkan memang sangat menyenangkan, tapi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan rambut. Rambut yang terlalu sering diwarnai akan lebih cepat kering, bahkan pecah. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang terdapat di dalam pewarna rambutnya. Jadi jangan melakukan styling rambut dan mewarnai rambut yang berlebihan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi rambut kering yang bisa kamu lakukan di rumah. Sesungguhnya, semua berawal dari kebiasaan kita sendiri dalam merawat tubuh, terutama bagian rambut. Jika kamu rutin dalam memperhatikan dan menjaga penampilan, maka kamu pun tidak harus berurusan dengan rambut kering yang hanya akan merusak penampilan dan rasa percaya diri kamu untuk tampil di depan umum.

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *