8 Faktor Penyebab Penuaan Dini Tanpa Anda Sadari

Ketika bercermin, paras merupakan bagian yang penting. Beberapa hal, seperti kerutan, membuat wajah terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

Saat itu terjadi, orang biasanya mulai sedih, bahkan panik. Menurut para ahli, hampir tidak ada manusia yang ingin mengalami penuaan dini.

Semakin bertambahnya usia maka kulit kita akan semakin kehilangan elastisitasnya. Hasilnya, kita akan melihat wajah semakin kendur dan keriput. Tapi ada juga orang yang mengalami hal ini sebelum waktunya.

Beberapa hal ini mungkin menjadi alasan kenapa kulit wajah kita menua dengan cepat.

1. Menggunakan telepon

Jika kita sering menggunakan ponsel pintar atau tablet, ternyata bisa berpengaruh pada wajah kita. Penggunaan gadget berlebihan bisa menyebabkan kita terpaku pada layar gadget.

Dan menurut seorang ahli bedah kosmetik bernama Dr. Mervyn Patterson, ini akan mengarah pada wajah yang keriput, dan dagu yang kendur.

2. Berhenti konsumsi makanan berlemak

Tak harus sepenuhnya berhenti makan makanan berlemak, karena asam lemak seperti omega-3 dan omega 6 juga bisa mempertahankan elastisitas membran sel. Zat ini juga membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker.

3. Makan terlalu banyak manisan

Konsumsi gula berlebihan juga berpengaruh pada elastisitas kulit, dan bisa memulai proses penuaan lebih awal. Molekul gula yang tidak dicerna akan menghambat kolagen dan elastin di kulit.

4. Menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari

Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kulit. Radiasi dari UVA bisa menembus lapisan terdalam kulit dan merusak kolagen.

5. Kehilangan berat badan drastis

Kehilangan berat badan secara drastis akan berdampak buruk pada tubuh. Lakukan diet secara bertahap dan gunakan krim pengencang dan latihan khusus.

6. Kurang tidur

Kurang tidur juga akan mempengaruhi kerutan pada wajah. Gunakan krim malam untuk membantu sirkulasi darah yang baik saat tidur.

7. Khawatir dengan hal kecil

Khawatir membuat sudut wajah kita mengarah ke bawah dan alis yang mengerut. Hal ini akan membekas di wajah kita, dan cukup sulit dihilangkan.

8. Sering tertawa

Sama halnya seperti mengunyah permen karet, tertawa juga dapat menyebabkan timbulnya garis halus pada daerah bibir. Antara lain kerutan pada mata, kedua sudut bibir, serta garis tawa yang terdapat antara hidung dan bibir.

Itu sebabnya Kim kardashian mengaku berusaha hanya sesedikit mungkin tertawa. Meski untuk yang satu ini Anda tak perlu terlalu khawatir, karena banyak tawa bisa berarti Anda cukup bahagia.

 

🔥3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *