8 Cara Merawat Kesehatan Kuku Anda

Kuku merupakan bagian tubuh yang berada di ujung kaki. Kuku memiliki bentuk yang keras karena merupakan bagian dari tulang namun bukan dari protein. Kuku sendiri memiliki fungsi yaitu melindungi ujung jari yang lembut, rawan dan kaya akan saraf, supaya tidak mudah rusak karena terbentur dengan benda yang keras. Kuku juga berfungsi untuk menguatkan indra peraba yang dimiliki oleh kulit terutama jari. Kuku ini memiliki kulit ari di bagian ujungnya yang berfungsi sebagai pelindung kotoran yang bisa masuk ke dalam kuku. Di bagian kuku juga terdapat pembuluh kapiler yang banyak pada ujung kuku sehingga kuku akan terlihat lebih merah dibagian ujungnya sedangkan di bagian pangkalnya bewarna putih susu.

Kuku meskipun terlihat sepele sebagai bagian tubuh manusia, namun juga perlu dirawat dengan baik supaya bisa menghasilkan kesan bersih kepada siapa saja yang memandang dan juga untuk menghindari terjadinya penyakit yang ada di dalam kuku.

Berikut beberapa cara merawat kesehatan kuku :

1. Jangan gigit kuku

Sebaiknya anda menghindari menggigit atau menarik kuku karena bisa membuat kuku menjadi trauma dan infeksi. Selain itu hal ini merupakan kebiasaan yang tidak baik dan tidak patut dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat.

2. Potong kuku secara rutin

Teratur memotong kuku baik kuku tangan maupun kuku kaki. Jangan lupa juga untuk membersihkan kuku dari kotoran yang menempel.

3. Gunakan gunting kuku yang tajam

Jika anda ingin memotong kuku sebaiknya gunakan gunting kuku yang tajam dan dilakukan saat setelah habis mandi karena saat itu kuku menjadi lebih lunak. Menggunting kuku yang salah juga bisa menjadi penyebab cantengan pada kuku.

4. Kuku berjamur? Gunakan cuka

Jika anda mengalami kuku yang berjamur dintandai dengan rasa gatal di kuku anda bisa merendam kuku dalam larutan cuka. Biasanya terjadi pada kuku kaki Karena memang aktivitasnya yang sangat padat dan bisa menginjak berbagai kuman. Atau anda juga bisa menyemprotkan cuka kepada kuku yang gatal dan biarkan beberapa saat. Larutan cuka yang asam dipercaya bisa membuat kuman dan bakteri mati lebih cepat.

5. Oleskan tea tree oil

Anda juga bisa mengoleskan tea tree oil pada kuku baik kuku tangan maupun kuku kaki. Pastikan kuku dalam keadaan bersih dan kering saat dioleskan tea tree oil. Di dalam tea tree oil terdapat kandungan antiseptik dan anti bakteri yang bisa menghindarkan kuku dari berbagai jamur dan bakteri.

6. Menggunakan minyak zaitun

Supaya kuku tetap bersih dan mengkilap anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai cara untuk mencegah kuku kehilangan kelembabannya. Minyak zaitun juga menghindarkan kuku dari berbagai bakteri, kuman dan jamur.

7. Konsumsi makanan yang bergizi

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, tentunya akan membuat tubuh menjadi sehat termasuk bagian kuku. Konsumsilah makanan yang memiliki gizi seimbang.

8. Gunakan pelapis kuku

Jika perlu anda bisa menggunakan cat pelapis kuku yang bisa digunakan untuk melindungi kuku dari benturan.

🔥10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *