8 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Untuk Diet

Meningkatkan metabolisme merupakan hal yang penting saat menurunkan berat badan. Namun, seberapa cepat tubuh Anda membakar kalori bergantung pada beberapa hal.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh yang bisa Anda Mulai Sekarang Juga

Tidak sabar ingin segera memulai diet? Berikut adalah beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk diet yang telah dibuktikan oleh para ahli nutrisi melalui beberapa penelitian.

1. Perbaiki waktu tidur

Ternyata kekurangan waktu tidur adalah salah satu penyebab naiknya berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hormon pemicu rasa lapar pada orang yang kurang tidur, dan menurunnya hormon penyebab rasa kenyang yang bernama leptin.

2. Lebih banyak berdiri daripada duduk

Mengerjakan laporan, atau menulis tugas artikel dari kantor sambil berdiri untuk waktu yang singkat ternyata mampu membakar lebih banyak kalori dibanding mengerjakannya sambil duduk untuk waktu yang panjang.

3. High-intensity interval training (HIIT)

Melakukan olahraga dengan gerakan cepat (intensitas tinggi) dan intensitas sedang secara bergantian dalam beberapa interval, sebagai selingan saat jeda istirahat, dapat meningkatkan laju metabolisme sekaligus membakar lebih banyak kalori.

4. Angkat beban

Latihan kekuatan dengan mengangkat beban tidak hanya membakar kalori namun juga menjaga agar tubuh tidak kehilangan otot sebagai efek samping dari diet menurunkan berat badan.

5. Gunakan minyak kelapa

Mengganti minyak yang mengandung lemak jenuh dengan minyak kelapa untuk dikonsumsi tidak berpengaruh secara langsung dalam metabolisme, namun minyak kelapa bisa menekan rasa lapar lebih lama.

6. Memastikan selalu ada protein dalam setiap makanan yang dikonsumsi

Protein adalah jenis makanan yang membakar lebih banyak kalori dalam proses pencernaannya dibanding karbohidrat dan lemak. Protein juga meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara mencegah tubuh kehilangan massa otot ketika Anda berdiet.

7. Perbanyak minum air putih

Meminum air putih dapat meningkatkan metabolisme. Apalagi bila air tersebut dalam keadaan dingin, karena tubuh membutuhkan lebih banyak kalori untuk menaikkan suhu air tersebut saat masuk dalam tubuh. Selain itu, meminum air putih sebelum makan akan membuat Anda lebih cepat kenyang, sehingga lebih mudah untuk mengontrol porsi makan.

8. Konsumsi makanan yang pedas

Penggemar makanan pedas pasti tidak keberatan untuk melakukan cara yang satu ini. Namun Anda tetap perlu memperhatikan dosis dan batas toleransi Anda terhadap makanan pedas sebelum menjadikannya bagian dari diet.
Meningkatkan metabolisme tubuh guna menurunkan berat badan secara sehat tidak dapat dicapai seketika. Namun dengan memperbaiki gaya hidup dan dengan disiplin diri, hal tersebut bisa dilakukan.

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *