7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat vital. Ketika jantung sudah berhenti berdetak, bisa dipastikan nyawa sudah terpisah dari raga. Untuk itu menjaga kesehatan jantung sangat penting. Sayang, hal ini masih banyak orang yang belum sadar akan masalah jantung.

Meskipun Anda tidak memiliki kekuatan untuk mengubah beberapa faktor risiko -seperti riwayat keluarga, jenis kelamin atau usia, namun ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan. Anda bisa terhindar dari masalah jantung di masa depan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut adalah tujuh kiat mencegah penyakit jantung.

1. Jauhi rokok

Jika Anda seorang perokok, berhentilah merokok. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Oleh karena itu, berhenti merokok dan/atau menghindari paparan asap rokok dapat membantu pencegah penyakit jantung.

2. Rutin olahraga

Olahraga rutin dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, hingga menjaga berat badan tetap sehat. Olahragalah setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu.

Tidak ada batasan jenis olahraga apa yang bisa dan harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Semua olahraga pada dasarnya baik. Anda dapat berjalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang, yoga, atau bahkan tinju.

3. Perbanyak minum air putih

Rajin minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pengidap penyakit jantung, perlu menanyakan kepada dokter apakah ia perlu membatasi jumlah cairan yang diminum setiap hari. Perlu diingat, bukan hanya berapa banyak yang diminum. Sumber cairan lain juga perlu diperhitungkan, seperti es krim, agar, dan sup.

4. Perbanyak makan buah dan sayur

Makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Makanan berserat juga membantu mengelola berat badan yang sehat. Kita bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan.

5. Tidur cukup dan berkualitas

Kurang tidur tidak hanya membuat Anda menguap sepanjang hari tapi juga membahayakan kesehatan. Orang yang kurang tidur memiliki risiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes dan depresi.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam. Salah satu tanda Anda cukup tidur adalah Anda terbangun tanpa alarm dan merasa segar kembali. Tapi jika membutuhkan perjuangan untuk bangun dari tempat tidur, itu pertanda Anda butuh lebih banyak tidur.

6. Mengelola stres

Beberapa orang mengatasi stres dengan cara yang tidak sehat – seperti makan berlebihan, minum atau merokok. Menemukan cara alternatif untuk mengelola stres – seperti aktivitas fisik, latihan relaksasi atau meditasi – dapat membantu memperbaiki kesehatan Anda.

7. Kontrol tekanan darah

Beberapa orang yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung lebih cepat. Maka dari itu jaga kesehatan jantung anda dengan konsumsi produk moment. Seperti testimoni berikut ini:

Untuk Konsultasi Dan Pemesanan

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *