7 Tanaman Alami Untuk Mengobati Luka Luar

Tanpa kita sadari ada banyak tanaman disekitar kita yang dapat kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kali ini saya ingin berbagi tentang beberapa Tanaman yang dapat kita gunakan untuk Mengobati Luka Luar.Beberapa tanaman yg sering kita jumpai yamg bisa kita gunkan sebagai obat alternatif untuk membantu mengobati dan meringankan apabila kita memiliki Luka Luar.

1. Pegagan (Centella Asiatica)

Pegagan (Centela Asiatica) atau sering disebut juga daun tapak kuda merupakan tanaman herba menjalar memiliki kandungan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Juga memiliki Saponin yang mampu menghambat jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).Kebanyakan pegagan dikonsumsi segar untuk lalapan, tetapi ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh.

Tipsnya: jika anda memiliki luka luar Caranya cukup dengan menempelkan daun pegagan di tempat luka, atau caranya bisa dengan dihaluskan terlebih dahulu, baru ditempelkan.

2. Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya mengandung berbagai macam senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, berbagai lektin dan zat saponin dan senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri.

Rahasia tanaman ini ternyata ada pada bagian daunnya Ladies. Dibalik daunnya yang unik dan berduri itu terdapat zat anti bakteri, anti jamur, dan juga anti virus yang dapat mencegah luka Anda dari infeksi. Tidak berhenti sampai di situ saja, ternyata tanaman ini juga mempunyai zat yang dapat menstimulasi regenerasi kolagen sehingga kulit Anda yang mengalami luka akan lebih cepat terobati.

3. Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata)

Pada dasarnya seluruh bagian tanaman cocor bebek bisa digunakan sebagai obat, akan tetapi kebanyakan yang sering dipakai adalah daun cocor bebek, bagian dari tanaman cocor bebek yang paling banyak mengandung air dan berlendir.

Daun cocor bebek banyak mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat dan tanin. memiliki mempunyai sifat antiradang, menghentikan perdarahan, mengurangi pembengkakan, dan mempercepat penyembuhan luka

Tipsnya: “Ambil Daun sosor bebek secukupnya diparut atau ditumbuk. Tambahkan sedikit air dan balurkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Ganti setiap tiga jam sekali.”

4. Jahe (Zingiber officinale)

Manfaat jahe terutama karena kandungan senyawa seperti minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

Bila anda mengalami luka akibat teriris pisau atau karena yang lainnya, ambillah jahe (terserah mau jahe merah atau jahe putih) secukupnya tergantung dari jumlah luka yang ingin diobati, kemudian kita parut jahe tersebut dan selanjutnya kita balurkan keluka kita yang sebelumnya telah dicuci bersih.

5. Daun Senduduk (Melastoma malabathricum )

Daun senduduk adalah salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh liar memiliki bunga warna merah muda dan ada yang putih, buahnya biasanya menjadi makanan burung cerocok. Cara memanfaatkan daun senduduk untuk mengobati luka adalah dengan cara mengambil daun senduduk secukupnya (tergantung besar kecilnya luka yang ingin kita sembuhkan) kemudian kita kunyah-kunyah sampai lumat, kemudian kita balurkan atau tempelkan keluka yang sudah kita bersihkan kemudian kita bungkus dengan kain, biarkan sampai beberapa jam kemudian kita ganti lagi dengan yang baru.

6. Babadotan (Ageratum conyzoides)

Babadotan merupakan herba menahun, tegak dengan ketinggian 30 – 80 cm dan mempunyai daya adaptasi yang tinggi, sehingga mudah tumbuh di mana-mana dan sering menjadi gulma yang merugikan para petani. Namun di balik itu Ageratum dapat diguna-kan sebagai obat, pestisida dan herbisida, bahkan untuk pupuk dapat meningkatkan hasil produk-si tanaman. Babadotan memiliki bau yang keras. Babadotan dapat digunakan untuk menyembuhkan Luka berdarah, bisul dan eksim.

Tips: Cuci herba bandotan segar secukupnya sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Turapkan ramuan ke bagian tubuh yang sakit, lalu balut dengan perban. Dalam sehari, ganti balutan 3-4 kali. Lakukan pengobatan ini sampai sembuh.

7. Moment Propolis

Karena propolis mengandung Bioflavonoid yang berfungsi untuk antibiotik alami dr air liur lebah, getah daun-daun muda serta serat yang ampuh untuk melawan penyakit. Oles dan Teteskan Moment Propolis di tempat luka maka akan cepat mengering.

BERIKUT TESTIMONI

Untuk Konsultasi Dan Pemesanan

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *