7 Penyebab Kemandulan atau Infertilitas

Tahu gak sih bun kalau masalah infertilitas atau kemandulan di Indonesia ternyata cukup besar, yakni sekitar 10 – 15% pasangan usia subur. Hal tersebut yang menyebabkan ada banyak pasangan suami istri di Indonesia yang sulit untuk mendapatkan keturunan.

Lantas pertanyaaannya, apa yang menjadi penyebab utama terjadinya infertilitas atau kemandulan? Bagi bunda yang ingin cepat hamil, mari sejenak luangkan sedikit waktu Bunda untuk membaca artikel ini, terlebih jika bunda dan suami ingin segera mendapatkan momongan.

Penyebab Kemandulan atau Infertilitas

Pada umumnya, ada beberapa hal yang menjadikan pasangan suami istri sulit mendapatkan momongan meskipun rutin berhubungan, penyebab-penyebab tersebut antara lain adalah:

1. PCOS

PCOS merupakan gangguan hormonal, PCOS adalah hal yang akan mengganggu siklus menstruasi bunda. Jika hal ini tidak segera ditangani, bisa membuat kesuburan bunda terganggu, PCOS juga meningkatkan resiko penyakit serius lainnya seperti jantung, diabet, dll.

2. Sumbatan Tuba

Kemandulan yang diakibatkan oleh sumbatan tuba paling sering terjadi karena infeksi bun, infeksi tersebut muncul karena bakteri chlamidya dan gonorrhoeae. Nah bakteri tersebut muncul dari organ kewanitaan bunda dan kemudian menyebar ke rahim hingga akhirnya menyebabkan infeksi tuba falopi.

3. Keputihan

Keputihan meskipun termasuk normal tetap, sangat disarankan untuk segera diatasi karena keputihan mengandung bakteri yg akan terus berkembang, menempel di leher rahim dan menjadi kerak. Hal ini dikarenakan bakteri keputihan bisa membunuh sperma sebelum masuk rahim. Selain itu, dapat berkembang menjadi keputihan yang abnormal dan parahnya lagi dapat memicu kanker serviks.

4. KB

Kesalahan paling fatal yang sering terjadi pada wanita yang berKB adalah setelah melepas KB tidak langsung menyuburkan kembali, malah didiamkan. Padahal efek KB nya itu masih ada dan membuat bunda susah hamil meski telah berhubungan diwaktu subur sekalipun. Jadi jika bunda pernah ikut KB baik suntik atau KB pil, meskipun sudah berhenti namun tetap tidak bisa menstruasi, hal tersebut disebabkan oleh hormon efek KB yg masih belum seimbang bunda.

5. Kista

Kista adalah jaringan yang tumbuh bun, tumbuhnya bisa diluar kandungan bisa didalam kandungan. Kista sendiri jenisnya ada yang jinak dan ganas ya bun, kalau untuk yang jinak bisa segera promil, kalau ganas bunda perlu terapi dulu bun.

6. Keguguran

Keguguran bisa terjadi karena penyakit bawaan bunda. Misalnya infeksi virus tertentu, konsumsi minuman keras, makanan yang mengandung alkohol, serta kandungan yang lemah dan fisik yang lemah. Keguguran biasa terjadi di trimester 1 yaitu sekitar 60%-75%.

7. Sperma Encer

Setidaknya ada 4 hal yang menjadi penyebab sperma encer, antara lain:

  • Terlalu sering ejakulasi / ejakulasi dini
  • Obesitas / kegemukan
  • Pola hidup / gaya hidup
  • Usia

Jika sperma suami encer itu termasuk sperma tidak sehat ya bun. Ini merupakan salah satu hambatan kehamilan karena sel sperma susah bertemu sel telur, sehingga sudah dan tidak terjadinya pembuahan. Karena kita tau ya bun, sperma merupakan peranan penting untuk pembuahan, jika sperma yg dihasilkan tidak sehat, maka pembuahan tidak akan pernah terjadi.

Sperma yang sehat itu bewarna putih mutiara, kental dan tidak pernah keluar saat berhubungan. Biasanya ini disebabkan karena aktifitas atau pekerjaan sehari-hari, faktor lingkungan kerja, faktor radiasi, faktor psikologis, tidur larut malam, jarang olahraga.

7. Siklus Haid tidak Teratur

Siklus haid yang tidak teratur ini salah satu hambatan kehamilan ya bun, karena adanya gangguan dan ketidak seimbangan hormon yang menyebabkan sel telur menjadi kecil-kecil sehingga susah terjadinya pembuahan. Jika haid bunda tidak teratur, berarti bunda berovulasi dengan tidak teratur pula (tidak konsisten), bahkan dalam beberapa kasus tidak berovulasi sama sekali. Seperti yang kita sudah tahu, wanita tidak mungkin hamil tanpa peristiwa pelepasan sel telur (ovulasi), sehingga semakin sedikit bunda berovulasi maka semakin berkurang peluang untuk hamil. Tapi bunda jangan khawatir, nanti kita bisa bantu atasi disini ya bun.

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *