7 Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan

KOLAGEN adalah protein yang jumlahnya melimpah dalam tubuh Anda terutama kolagen tipe-1. Kolagen terdapat di berbagai bagian tubuh Anda seperti di dalam otot, tulang, kulit, pembuluh darah, sistem pencernaan, dan urat daging.

Kolagen adalah zat yang memberikan kekuatan dan kelenturan pada kulit juga membantu dalam mengganti sel-sel kulit mati.Produksi kolagen dalam tubuh Anda akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Beberapa tanda dari adanya penurunan produksi kolagen ini dapat dilihat dari munculnya keriput, kulit kendur, dan nyeri sendi atau semakin lemahnya tulang rawan.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti diet gula ketat, merokok, dan terlalu banyak terpapar sinar matahari juga ikut berkontribusi dalam penurunan kolagen dalam tubuh.

Berikut adalah 7 manfaat kolagen:

1. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh menurun. Anda dapat melihat tanda-tanda ini seperti kulit kendur, muncul keriput, dan kurang elastis. Meningkatkan asupan kolagen dalam tubuh dapat membuat kulit Anda lebih kencang, halus, dan membantu sel-sel kulit beregenerasi lebih baik.

Menurut sebuah penelitian dengan plasebo terkontrol, ditemukan bahwa penggunaan 2,5-5 gram kolagen hidrolisat yang digunakan oleh wanita berusia 35-55 tahun sekali sehari selama delapan minggu berturut-turut mampu meningkatkan elastisitas kulit, kelembaban kulit, mengatasi kulit kering, kulit kasar, dan lainnya tanpa efek samping. Ini membuat kolagen menjadi salah satu bahan yang paling penting pada produk natural skin care.

Kolagen juga dapat mengurangi selulit dan stretch mark. Ketika kulit kehilangan elastisitasnya akibat kekurangan kolagen maka dampak lainnya yang muncul pada tubuh adalah selulit yang semakin jelas terlihat. Meningkatkan konsumsi kolagen pada kulit dapat membantu mengatasinya.

2. Mengatasi nyeri sendi dan degenerasi

Pernahkah Anda merasakan kaki kaku dan terasa sakit saat digerakan? Yup, masalah ini juga kemungkinan dapat disebabkan karena kekurangan kolagen. Hal ini dikarenakan saat tubuh kekurangan kolagen, urat dan ligamen mulai susah bergerak, menjadi kaku dan bahkan terjadi pembengkakan dan masih banyak lagi.

Dengan strukturnya yang menyerupai lem dan halus, kolagen menutupi dan menahan tulang Anda, kolagen memungkinkan Anda untuk bergerak tanpa rasa sakit. Mengkonsumsi kolagen sama halnya dengan mengoleskan pelumas pada pintu yang berderit, membuat tulang mudah bergerak, mengatasi rasa sakit yang sering berkaitan dengan usia dan mengurangi resiko kerusakan sendi.

3. Mengatasi kebocoran usus

Jika Anda mengalami sindrom kebocoran usus, sebuah kondisi yang sangat buruk bagi Anda di mana racun dapat masuk ke dalam saluran pencernaan, kolagen dapat membantu mengatasinya.

Kolagen membantu memecah protein dan membuat usus Anda lebih tenang dan memperbaiki dinding sel yang rusak dan menggantinya dengan asam amino untuk proses penyembuhan.

Manfaat kolagen terbesar bagi pencernaan adalah kolagen dapat membantu pembentukan jaringan ikat di mana jaringan ini berfungsi melindungi lapisan pelindung saluran pencernaan.

Selain membantu menyembuhkan usus yang bocor, kolagen juga membantu penyerapan air di dalam usus, menjaga supaya kotoran bergerak lebih leluasa keluar dari tubuh.

4. Meningkatkan metabolisme, masa otot, dan energi

Manfaat kolagen selanjutnya adalah mampu meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara menambah masa otot dan membantu penyerapan berbagai nutrisi penting.

Salah satu peran penting dari glisin adalah membantu membentuk jaringan otot dengan mengubah glukosa menjadi energi yang memberi makan untuk sel-sel otot.

Perlu diingat, mempertahankan masa otot seiring bertambahnya usia sangatlah penting karena itu akan menopang tubuh, menyehatkan tulang, dan membakar kalori lebih banyak.

Saat mengkonsumsi kolagen, pastikan Anda juga mengkonsumsi vitamin C karena itu akan membantu mengubah kolagen menjadi protein yang dapat diserap oleh tubuh. Ini juga akan mengembalikan energi dan vitalitas Anda.

5. Memperkuat kuku, rambut, dan gigi

Apakah Anda pernah mengalami kuku yang mengelupas dan terbelah sendiri? Well, kekurangan kolagen dapat disalahkan menjadi penyebab hal tersebut. Protein kolagen adalah pembentuk kuku, rambut dan gigi Anda. Menambahkan kolagen pada pola diet Anda dapat membantu Anda memiliki kuku tetap kuat dan mencegah kerontokan rambut.

6. Meningkatkan kesehatan hati (liver)

Jika Anda ingin melakukan detoksifikasi tubuh dari racun dan zat berbahaya dari tubuh Anda, memperbaiki aliran darah, dan mempertahankan kesehatan jantung, kolagen dapat membantunya. Hal ini dikarenakan glisin dapat membantu mengurangi kerusakan hati saat menyerap toksin, racun, alkohol, dan zat berbahaya lainnya.

Salah satu cara termudah untuk membersihkan hati Anda adalah dengan mengkonsumsi kaldu tulang. Mengkonsumsi kaldu tulang secara rutin dapat membantu mengatasi kebocoran usus dan kerusakan hati akibat alkohol.

7. Melindungi kesehatan kardiovaskuler

Asam amino prolin dapat membantu dinding pembuluh darah arteri melepaskan penumpukan lemak pada aliran darah, mengurangi lemak dalam arteri, dan mengurangi penumpukan lemak.

Prolin dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan di dalam sendi dan arteri ditambah juga membantu mengendalikan tekanan darah. Sebagai salah satu bagian yang ada di dalam tulang sendi, kolagen membantu menyangga tubuh dari getaran dan gerakan seiring dengan berjalannya usia. Kolagen juga mencegah terjadinya pengerasan atreri dan mencegah penumpukan plak berbahaya.

Selain itu, arginin membantu produksi nitrat oksida yang memungkinan vasodilatasi lebih baik yang berarti melebarkan arteri dan merelaksasi otot supaya peredaran darah lebih lancar.

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *