7 Manfaat Bayam Untuk Kecantikan

Bayam berasal dari negara Amerika tropik, namun juga sangat mudah hidup dan di tanam di Indonesia. sayuran dengan nama latin Amaranthus l. ini dangat dikenal dengan kandungan zat besi di dalamnya, yang sangat penting untuk tubuh. Meskipun terkenal dengan zat besinya, akan tetapi bayam juga memiliki kandungan dan zat gizi lain yang tidak kalah pentingnya untuk tubuh.

 

Kandungan Nutrisi Dalam Bayam

Setiap jenis sayuran pastinya memiliki nutrisi yang baik di dalamnya, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan. Demikian juga dengan bayam, dalam 100 gram bayam, terdapat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, diantaranya:

2,3 gram protein
3,2 gram karbohidrat
3 gram zat besi
81 gram kalsium

Beberapa kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk diserap oleh tubuh. Selain beberapa nutrisi bayam tersebut, bayam juga kaya akan vitamin, baik vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Bayam juga mengandung mineral, seperti niasin, thiamin, fosfor, ribloflavin, natrium, kalium, flavonoid dan magnesium. Kandungan lain yang terdapat dalam bayam iyalah karotenoid. Kandungan gizi, vitamin serta mineral yang terkandung di dalam bayam, sangat baik untuk dikonsumsi dan diserap oleh tubuh.

Berikut adalah 7 Manfaat bayam untuk Kecantikan :

 

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi beberapa orang yang mengalami masalah berat badan, diet meruakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengembalikan tubuh agar tetap ideal. Salah satunya dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan menghindari makanan berlemak. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan karena kandungan serat di dalam bayam.

 

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A pada bayam sangatlah tinggi. Tidak hanya dapat menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam bayam juga mampu menjaga kesehatan kulit dengan menjaga kelembapan lapisan epidermis dan mencegah terjadinya keriput pada wajah.

 

3. Berfungsi Sebagai Anti-oksidan

Anti-oksidan sangatlah penting karena dapat membantu menangkal radikal bebas penyebabkanker dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Anti-oksidan terdapat dalam beberapa jenis sayuran, salah satunya adalah bayam. Kandungan anti-oksidan dalam bayam, sama seperti dalam kandungan buah dan sayur lainnya yang sangat bermanfaat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

 

4. Mencegah Bahaya Polusi Udara

Sekarang ini, sudah banyak udara yang tercemar dan mengalami polusi udara. Polusi beracun dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit maupun pernapasan yang sangat berbahaya bagi tubuh karena mengandung senyawa karbon monoksida dan karbon dioksida. Kedua senyawa tersebut dapat menyebabkan masalah kulit dan juga masalah pernapasan. Untuk mencegahnya, kandungan vitamin C dalam bayam mampu melindungi kulit dan tubuh dari polusi udara yang ada di sekitar manusia.

 

5. Mengeluarkan Ultraviolet Dari Tubuh

Ketika keluar rumah pada siang kali, sering sekali tubuh mengalami kontak langsung dengan sinar matahari. Matahari mengeluarkan sinar ultraviolet yang juga dapat membahayakan bagi kesehatan kulit. Untuk menangkaldan mengeluarkan ultraviolet berbahaya dari dalam tubuh, seseorang dapat memanfaatkan bayam. Kandungan vitamin B dalam bayam dapat dijadikan alternatif untuk mencegah bahaya sinar ultraviolet di dalam kulit.

 

6. Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin A dan vitamin K sangat bermanfaat tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi juga untuk menjaga kecantikan. Bayam dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Dengan menggunakan bayam sebagai masker alami untuk wajah, asupan nutrisi kulit dari luar terpenuhi, kulit menjadi bersih dan terhindar dari masalah jerawat yang menyerang wajah.

 

7. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya kulit berjerawat, kulit wajah yang berkeriput akibat penuaan dini yang terjadi, dapat merusak penampilan. Kandungan vitamin C di dalam daun bayam, dapat digunakan untuk mengatasi masalah wajah keriput yang disebabkab karena penuaan dini. Dengan meminum secangkir bayam sehari, masalah penuaan dini yang dialami dapat teratasi.

 

🔥9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *