7 Makanan Sehat Untuk Penderita Diare

Hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami sakit diare. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun kerap mengalaminya. Jadi semua orang jangan panik bila terkena diare.

Penyakit ini ditandai dengan sakit perut dan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya.

Biasanya, diare terjadi akibat salah mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontanminasi virus ataupun bakteri. Mungkin bagi banyak orang penyakit ini dianggap tidak membahayakan, namun di beberapa kasus, diare dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, jangan anggap remeh penyakit diare dengan tidak mengobatinya, guys. Selain mengkonsumsi obat, makanan ini disarankan bagi penderita diare agar cepat sembuh.

Berikut Makanan Baik Dikonsumsi Penderita Diare, Semuanya mudah didapatkan kok, Simak Berikut Ini :

1. Pisang

Buah rendah serat seperti pisang akan membantu memperlambat isi perut. Tubuh kehilangan potassium saat buang air besar, jadi pisang berfungsi membantu menambahnya.

2. Nasi putih

Nasi putih bagus dikonsumsi saat mengalami diare. Kandungan tepungnya membantu meningkatkan tinja. Sedangkan beras merah adalah makanan berserat tinggi yang mungkin tidak akan membantu diaremu membaik.

3. Selai apel

Mengkonsumsi selai apel saat diare dipercaya efektif mengatasi masalah pencernaanmu karena mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin. Selai apel lebih mudah dicerna ketimbang apel yang belum diolah atau buah dan sayuran mentah lainnya.

4. Toast

Dalam kasus ini, roti yang terbuat dari tepung putih halus lebih baik daripada roti gandum.

5. Kentang

Seperti pisang, kentang mengandung tepung potassium yang tinggi.

Meski sudah mencuci, merebus atau mengukusnya, pastikan untuk tetap mengupas kulit saat akan memakannya. Karena kulit kentang mengandung banyak serat yang akan membuat BAB semakin lancar.

6. Pretzel

Roti pretzel mengandung karbohidrat sederhana yang bisa membantu masalah diaremu. Selain itu, kandungan garam dalam pretzel juga akan membantu tubuh menahan cairan yang banyak hilang akibat diare.

7. Sup

Sup dengan kaldu asin akan membantumu terhindar dari dehidrasi. Selain itu, sup tidak akan meninggalkan residu di saluran pencernaanmu

🔥24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *