7 Makanan Berlemak Baik Bagi Kesehatan

Kandungan lemak yang terdapat pada makan terbilang beragam. Ada yang mengandung lemak jahat dan ada pula yang mengandung lemak sehat.

Yang dikatakan lemak jahat adalah lemak jenuh dan lemak trans. Jenis lemak ini terdapat pada makanan seperti daging merah, kulit ayam, aneka produk susu, telur, kentang goreng, pizza, dan biskuit.

Sementara itu, lemak tak jenuh dianggap sebagai lemak sehat yang baik untuk kesehatan.

Beberapa jenis makanan berlemak tinggi yang sehat, antara lain adalah:

1. Ikan

Ikan seperti salmon, mackerel, herring, sarden, dan tuna merupakan sumber lemak yang baik. Ikan-ikan ini mengandung omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Lemak ini juga dapat menjaga fungsi otak, suatu manfaat yang sangat baik, terutama ketika usia Anda sudah tidak muda lagi. Kandungan lemak jenis asam lemak omega 3 yang tinggi pada ikan, penting bagi kesehatan tubuh dan otak sehingga konsumsi ikan yang cukup dapat membuat otak bekerja lebih optimal.

2. Alpukat

Kalori yang terkandung pada buah alpukat 77% berasal dari kandungan lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

3. Kacang

Orang yang mengonsumsi kacang cenderung lebih sehat, dan memiliki risiko lebih rendah menderita obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Selain kenari, kacang yang direkomendasikan adalah kacang almond dan kacang macadamia.

4. Coklat hitam

Cokelat hitam mengandung serat dan berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, mangan dan tembaga dan kaya antioksidan. Coklat hitam juga dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi kulit dari sinar matahari.

5. Minyak zaitun murni

Kandungan lemak pada minyak zaitun dapat mengurangi risiko pembentukan plak pembuluh darah akibat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

6. Bayam dan kubis

Bayam dan kubis merupakan contoh sayuran yang kaya akan omega-3. Mengonsumsi sayuran setiap hari sangatlah menyehatkan, selain karena nutrisinya, kandungan serat di dalamnya juga sangat menguntungkan bagi pencernaan. Tambahkan pula ikan ke dalam menu sehari-hari Anda. Sayur-sayuran biasanya hanya mengandung beberapa bagian dari omega-3 yang terkandung dalam ikan.

7. Biji-bijian

Biji labu, biji bunga matahari, dan wijen mengandung lemak yang dapat mengurangi kadar kolesterol. Secara umum, lemak yang berasal dari tumbuhan lebih baik dari lemak yang berasal dari hewan. “Lemak jahat” biasa berasal dari daging-dagingan, produk susu, dan beberapa jenis makanan kemasan. Pastikan untuk selalu memperhatikan label pada makanan untuk melihat jenis lemak dan berapa banyak lemak yang terkandung di dalamnya. Batasi konsumsi lemak jenuh dan hindari mengonsumsi lemak trans.

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *