7 Makanan Bergizi Untuk Pertumbuhan Dan Kesehatan Anak

Superfood adalah istilah yang digunakan untuk merujuk makanan-makanan yang padat gizi sehingga baik untuk kesehatan seseorang. Ini karena superfood memiliki vitamin dan mineral dalam dosis sangat besar yang dapat membantu kita menangkal penyakit dan hidup lebih sehat.

Beberapa nutrisi yang dikandung superfood umumnya dapat berfungsi sebagai antioksidan, penangkal kanker, lemak sehat, pencegah penyakit jantung, mencegah diabetes hingga membantu melancarkan pencernaan.

Lalu apakah ada superfood khusus untuk anak atau balita? Menurut American Heart Association tidak ada kriteria yang ditetapkan untuk menentukan apa yang termasuk dan apa yang bukan makanan super, Moms. Karena itu, ada banyak sekali makanan yang bisa digolongkan sebagai superfood.

Meski begitu, Anda dapat memilihkan beberapa di antaranya yang mudah disukai oleh balita Anda. Beberapa bahan makanan di bawah ini, misalnya:

1. Alpukat

Superfood satu ini memang kaya manfaat. Alpukat merupakan buah dengan lemak tak jenuh terbaik yang bisa menurunkan kolesterol jahat yang membahayakan jantung, mencegah konstipasi, dan mencegah kanker.

2. Bluberi

Buah berwarna biru tua yang mirip anggur ini sarat akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Ia juga mampu menurunkan kolesterol, mempertajam memori hingga mampu melawan kanker.

Di Indonesia, Anda dapat memperoleh buah bluberi segar di area pegunungan seperti Lembang atau Ciater, Jawa Barat. Anda juga bisa membeli buah bluberi beku di supermarket.

3. Oatmeal

Oatmeal bisa jadi alternatif sarapan yang baik untuk balita Anda lho, Moms. Biji-bijian yang terasa ringan itu bisa mencegah lonjakan gula darah, mengenyangkan lebih lama, hingga membantu menyingkirkan kolesterol jahat.

Anda bisa menambahkan aneka buah-buahan atau madu ketika menyajikan oatmeal untuk menarik selera makan balita Anda.

4. Ikan

Ikan salmon terkenal sebagai salah satu superfood karena kaya akan sumber Omega-3 yang berperan penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan mampu meningkatkan mood. Cocok kan untuk diberikan pada balita yang cepat berubah suasana hatinya?

Bila sulit menemukan ikan salmon, beli ikan kembung sebagai gantinya. Ikan yang harganya murah dan mudah ditemukan di pasar ini, memiliki kandungan gizi yang justru lebih tinggi daripada ikan Salmon. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan kembung tiga kali lebih besar daripada ikan salmon. Hebat, kan?

Anda hanya cukup lebih sabar sedikit untuk membersihkan duri-duri ikan kembung sebelum mengolah atau menyajikannya pada anak.

5. Bayam

Satu di antara sayuran yang terbaik bagi balita Anda ialah bayam. Bukan saja sebagai sumber zat besi, kalsium, asam folat, vitamin A dan vitamin C yang baik untuk tubuh, juga baik untuk mendukung pertumbuhan tulang dan otak. Selain itu, bayam rendah kalori dan kaya serat.

6. Ubi

Banyak kandungan bergizi yang terdapat dalam ubi jalar, yaitu vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, dan zat besi. Ubi jalar termasuk sumber karbohidrat yang rendah kalori dan bagus untuk menekan kadar gula dalam tubuh.

Untuk si kecil coba sajikan ubi ungu atau ubi madu. Rasa manisnya mudah disukai!

7. Yoghurt

Yoghurt kaya akan kalsium dan sumber protein yang baik bagi balita. Ia mampu membantu membangun tulang dan gigi yang kuat, melancarkan pencernaan, hingga melawan bakteri jahat di usus. Anda bisa menambahkan buah segar saat memberikannya kepada si kecil atau jadikan yoghurt sebagai saus cocolan untuk camilan sehat mereka.

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *