7 Langkah Mengajarkan Pola Makan Sehat Pada Anak

Melatih anak sejak dini menjalani pola makan sehat tidak sulit. Dari buah dan sayuran segar hingga sumber nutrisi lain. Secara perlahan gaya hidup sehat juga akan diikutinya​.

​M​akanan sehat dapat membantu mempertajam daya ingat serta meningkatkan kemampuan kognitif. Karenanya, ​lakukan beberapa cara ini sejak usia dini agar anak mudah menjalani pola makan sehatnya saat dewasa.​

1. Latih ​anak​ memasak

Jika anak ​mengalami kesulitan dalam memilih makanan, mereka akan lebih tertarik jika diizinkan mengonsumsi makanan yang dibuatnya sendiri. Ajak ​anak ​ke supermarket dan biarkan ia memilih bahan makanan yang nantinya diolah bersama​. Sambil belanja dan memasak anak akan mengenali bahan makanan dengan baik.​

2. Berikan hadiah

Buatlah si kecil menyukai makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Anda bisa memberikan hadiah kecil seperti biskuit​ ​jika ​si kecil mampu menghabiskan sayuran dan buah-buahan yang tersaji untuknya.

3. Kurangi konsumsi junk food

Makanan yang tersedia di dalam rumah adalah tanggung jawab Anda. Karenanya perlu diperhatikan jumlah konsumsi junk food dan camilan manis. ​​Sebaiknya alihkan si kecil untuk mengonsumsi buah, sayuran, gandum, dan susu.

4. Orangtua adalah role model

Jika Anda sedang melakukan diet, tentu si kecil akan tumbuh dengan menganggap hal tersebut normal saja. Sebaiknya jika Anda memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, hindari melakukan diet. Makanlah apabila Anda lapar, sehingga ​anak​ akan melakukan hal yang sama.

5. Latih ​anak ​makan teratur

Ajarkan anak ​untuk mengetahui waktu-waktu tertentu untuk makan bersama. Jika sarapan dan makan malam konsisten dilakukan setiap hari, maka ​anak​ pun akan terlatih memiliki jam makan yang teratur.

6. Buat camilan sehat​

Makanan yang dimasak di rumah tentu lebih sehat dibanding dengan olahan restoran yang mengandung lebih banyak lemak, gula, dan garam. ​Sajikan camilan sehat yang dibuat sendiri agar anak terlatih memilih camilan bersih dan sehat.

7. Perhatikan porsi makannya

Orangtua kerap memaksa anaknya untuk menghabiskan makanan yang sudah disajikan untuknya. Jangan bersikeras meminta si kecil untuk menghabiskan makanan tanpa memberinya imbalan ​apapun. Biarkan si kecil menghabiskan makanan sebisanya, sehingga Anda bisa mengukur porsi yang cocok untuknya.

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *