7 Kandungan Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Di balik keunikan nama dan bentuknya, ternyata buah naga merah menyimpan berjuta manfaat kesehatan tubuh bagi tubuh. Namun tak hanya itu, belum banyak yang tahu bahwa buah eksotis berwarna merah ini ternyata juga bermanfaat untuk kehamilan.

Ibu hamil tentu memerlukan asupan gizi dan nutrisi baik agar kondisi Ibu dan janin di dalam kandungan selalu dalam keadaan sehat. Mengkonsumsi buah naga merah bisa menjadi pilihan yang tepat dalam menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan kandungan. Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Berikut kandungan nutrisi di dalam buah naga merah yang bermanfaat baik untuk ibu hamil :

1. Vitamin C

Saat hamil, Ibu dituntut harus selalu sehat dan terlindung dari berbagai macam penyakit seperti batuk, flu dan berbagai macam penyakit lainnya, agar kehadiran penyakit tersebut tidak menggangu proses kehamilan dan tumbuh kembang janin. Vitamin C dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh Ibu dan juga janin di dalam kandungan. Sebab saat masih berada di dalam kandungan bayi masih membutuhkan sistem imun dari ibunya untuk menghindari dari berbagai macam kuman dan bakteri yang ada di dalam rahim.

2. Zat Besi

Ibu hamil sangat rentan dengan masalah kurang darah atau anemia. Anemia tak boleh dianggap sepele, sebab bisa berdampak buruk pada ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Ibu hamil akan merasakan lemas, lesu dan tidak bertenaga, sedangkan janin yang ada di dalam kandungan pun juga akan merasakan dampaknya yakni mengalami kelainan darah, kecerdasan berkurang dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan rutin mengkonsumsi buah naga merah, bisa membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan tubuh dan juga terhindar dari risiko anemia, karena setiap 100 gram buah naga merah diketahui mengandung 0,55 zat besi.

3. Karbohidrat

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 135 gram karbohidrat tiap hari sebagai sumber energi bagi tubuh dan berguna untuk pertumbuhan janin. Buah naga merah bisa dijadikan salah satu makanan sumber karbohidrat yang baik bagi ibu hamil. Dalam 100 gram buah naga merah terdapat 9 hingga 14 gram karbohidrat.

4. Asam Folat

Kandungan asam folat di dalam buah naga merah cukup tinggi, sehingga ibu bisa memenuhi kebutuhan asam folat saat hamil dengan rutin mengkonsumsi buah naga.

5. Serat

Ibu hamil seringkali mengeluhkan masalah sulit buang air besar atau sembelit. Oleh karena itu, mengkonsumsi setidaknya 28 gram serat per hari. Kandungan serat yang ada di dalam buah naga merah bisa membantu mencukupi kebutuhan serat ibu hamil untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan kinerja usus agar lebih baik.

Selain itu, untuk ibu hamil yang sering merasa lapar, mengkonsumsi buah naga merah yang dipotong-potong merupakan solusi tepat untuk camilan menyehatkan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

6. Vitamin B1

Buah naga merah juga dikenal sebagai sumber vitamin B1 yang bermanfaat untuk membantu penyerapan protein dan mengubah karbohidrat menjadi energi agar ibu hamil tidak mudah merasa lelah. Kandungan vitamin B1 yang ada di dalam buah naga merah juga bermanfaat untuk menghindari dan mencegah penyakit beri-beri selama kehamilan.

7. Antioksidan

Buah naga merah juga memiliki kandungan antikoksidan tinggi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Warna merah pada buah naga merah merupakan kandungan fitokimia, yakni zat antioksidan yang baik untuk membangun dan meningkatkan pertahanan tubuh untuk melawan radikal bebas, yakni polusi udara yang ada di sekitar ibu hamil. Radikal bebas ini sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena bisa berpengaruh buruk terhadap janin dan bisa menyebabkan bayi cacat dan lahir secara prematur.

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *