7 Daftar Makanan Tinggi Kalsium Yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Produk susu seperti susu, keju, dan yogurt mengandung banyak kalsium. Selain dari produk tersebut, ada banyak makanan lain yang juga memiliki kandungan yang sama. Agar kebutuhan kalsium, vitamin D, dan fosfor tetap terjaga selama puasa.

Berikut ini makanan tinggi kalsium yang baik untuk anak:

1. Tempe

Makanan fermentasi dari kacang kedelai ini sangat sehat dan terjangkau. Apalagi tempe sangat mudah disajikan, baik itu dikukus, ditumis, atau digoreng. Anda bisa mengolahnya sesuai keinginan.

Selain enak, tempe juga mengandung kalori, protein, natrium, mangan, niasin, magnesium, riboflavin, zat besi, dan tentunya kalsium serta fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.

2. Tahu

Selain tempe, tahu bisa jadi makanan pengganti tempe bila Anda bosan. Sama seperti tempe, tahu juga terbuat dari sari kedelai yang dipadatkan. Tahu mengandung asam amino esensial, zat besi, kalsium, mangan, selenium, magnesium, zinc, vitamin B1 serta fosfor.

Anda dapat dengan mudah mengolah tahu dimasak tumis, digoreng, dikukus, atau ditambahkan pada sup kaldu.

3. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu makanan tinggi kalsium yang populer. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin B1, magnesium, asam lemak omega 3, zink, zat besi, dan selenium. Bukan cuma menyehatkan tulang, kalsium membantu menjaga irama jantung tetap normal, membuat otot tetap rileks, dan mendukung fungsi sistem saraf.

Anda bisa mencampur brokoli dengan tahu untuk mendapatkan asupan kalsium lebih banyak. Sebaiknya, Anda minum susu beberapa saat setelah makan brokoli supaya penyerapan kalsium menjadi lebih baik.

4. Bayam

Biasanya bayam lebih sering dibuat sayur dengan tambahan jagung atau juga ditumis. Selain kalsium, bayam mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, kalium, dan magnesium. Sebaiknya Anda konsumsi bayam dengan buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk supaya tubuh lebih mudah menyerap kalsium dari bayam.

5. Ikan teri

Ikan teri mengandung tiga komponen penting yang membangun tulang, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium. Ketiganya bergabung untuk membuat mineral utama yang disebut hydroxyapatite. Selain mendukung kesehatan tulang, ikan teri juga mengandung asam lemak omega 3 dan mengandung sangat sedikit merkuri sehingga masih aman di konsumsi dan baik untuk jantung.

Anda dapat menikmati ikan teri dalam berbagai sajian. Misalnya, ditumis dengan buncis atau dikukus dengan campuran tahu (pepes).

6. Ikan sarden

Selain teri, ikan sarden termasuk ikan yang mengandung tinggi kalsium, fosfor, dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selenium dan asam amino yang terdapat pada ikan sarden juga menjadi penangkal radikal bebas.

Menambahkan suplemen kalsium dan vitamin D juga membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin tersebut selama berpuasa. Namun, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter dan selalu rutin olahraga agar manfaat kesehatan tulang bisa Anda dapatkan secara maksimal.

7. Yogurt

Satu cangkir yogurt (kemasan kecil) mengandung sekitar 110 mg sampai 200 mg kalsium. Anda bisa menyantapnya langsung dengan potongan buah segar atau kacang-kacangan, bisa juga dijus bersama buah jadi smoothie.

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *