7 Cara Mencukur Bulu Kaki Yang Wajib Dihindari

Kaki yang mulus adalah kewajiban tersendiri bagi seorang wanita. Ada beberapa wanita tumbuh bulu kaki cukup lebat dikakinya. Tetapi jika sampai terlihat itu menjadikan kakinya tidak cantik dan bersih. Wanita itu menjadi terlihat kumal. Dan wanita pasti tidak ingin dia terlihat kumal, maka dari itu biasanya wanita mencukur bulu kaki pakai spatula jika bulu kakinya panjang. Spatula itu bisa sangat mudah kita temui di toko-toko, dan harganya cukup terjangkau.

Bagaimana kamu mencukur bulu kaki selama ini? Apakah terlalu cepat? atau menggunakan sabun? Ternyata cara tersebut keliru dan bisa membahayakan. Bagaimana yang benar? Dikutip dari Reader’s Digest,

Berikut tujuh cara mencukur bulu kaki yang perlu dihindari:

1. Mencukur terlalu cepat

Jangan terburu-buru saat mencukur bulu kaki, apalagi mata pisau cukur yang digunakan baru. Semakin cepat mencukur, semakin berisiko kaki akan tergores. Beberapa bagian yang perlu hati-hati saat mencukur adalah sekitar lutut dan pergelangan kaki. Lebih baik mencukur secara perlahan karena selain melindungi agar tidak terluka, juga memastikan bahwa semua titik sudah bersih dari bulu kaki.

2. Jarang mengganti pisau cukur

Kapan harus mengganti pisau cukur? Pertama, saat pisau cukur terlihat kusam. Kedua, saat lapisan pelembap di bagian atas memudar. Sangat berisiko jika kita mencukur dengan pisau cukur yang tumpul, karena justru membahayakan. Belum lagi pisau cukur lama bisa membawa bakteri yang menyebabkan infeksi. Maksimal penggunaan pisau cukur adalah sekitar 10 kali. “Menggunakan pisau cukur tumpul, justru menyebabkan iritasi,” kata dokter spesialis kulit Jodi Levine.

3. Jarang eksfoliasi

Eksfoliasi secara teratur adalah kunci untuk mencegah bulu kaki tumbuh ke dalam. Eksofiliasi berfungsi untuk mengelupas sel-sel kulit mati lama. “Sehingga mempercepat pembaharuan sel, memungkinkan sel-sel kulit baru yang sehat untuk tumbuh,” kata dokter medis integratif Frank Lipman. Sel-sel kulit mati dapat menyebabkan bulu tumbuh ke dalam, sehingga perlu melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali dalam sepekan. ilustrasi mencukur bulu kaki(FluxFactory)

4. Langsung bercukur saat masuk ke kamar mandi

Mencukur bulu kaki lebih baik saat selesai mandi. Biarkan bulu kaki terkena air hangat karena akan melembutkan bulu dan membuka folikel. Dengan begitu mencukur bulu kaki jauh lebih mudah.

5. Menggunakan sabun

Kalau selama ini kamu menggunakan sabun untuk pelicin, justru salah besar. Karena, sabun tidak melincikan dan malah menyumbat mata pisau. Lebih baik menggunakan krim khusus cukur. Zoe Diana Draelos yang menulis di Dermatology Times mengatakan, krim cukur dirancang khusus untuk melembutkan bulu. “Krim melapisi setiap rambut dan memungkinkan penyerapan air, mengurangi tekanan yang diperlukan untuk mencukur,” tulisnya

6. Menggunakan pisau cukur bergantian

Draelos mengingatkan agar setiap orang memiliki desain pisau cukur sendiri. Menggunakan pisau cukur orang lain dapat berisiko tertular penyakit bila terjadi luka.

7. Menggunakan pisau cukur bermata satu

Cara bekerja pisau cukur yakni mata pisau pertama dirancang untuk mengangkat bulu, dan setiap mata pisau berikutnya dimaksudkan untuk memotong bulu lebih rendah, sehingga memberi kemungkinan mencukur lebih rata. Karena itu, agar hasilnya lebih halus dan bersih, gunakan pisau cukur bermata lebih dari satu.

🔥42

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *